Sukses

Indonesia Pastikan Juara Umum ASEAN Para Games 2017

Indonesia sukses mewujudkan target merebut kembali gelar juara umum yang dua tahun lalu direbut Thailand pada ASEAN Para Games Singapura 201

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Luar biasa dan terimakasih untuk para atlet disabilitas Indonesia. Berkat perjuangan gigih yang tidak mengenal menyerah, kontingen Merah Putih sudah memastikan merebut gelar juara umum ASEAN Para Games 2017 Malaysia, mesikupun masih menyisakan perburuan medali hingga Sabtu (23/9/2017) nanti.

Hingga persaingan Kamis (21/9/2017), Kontingen Garuda masih terus kokoh memuncaki klasemen perolehan medali dengan raihan 91 emas, 53 perak dan 38 perunggu. Dari berbagai arena kemarin, Indonesia menambah 21 emas dari renang (13 buah), atletik (3), angkat besi (2), panahan (1) dan balap sepeda (1).

Secara total sampai hari kelima perburuan medali  ASEAN Para Games 2017, sudah 276 dari 368 yang diperebutkan. Masih tersisa 92 emas yang akan diperebutkan sampai pesta ditutup dua hari lagi.

Namun, melihat Indonesia unggul jauh sampai puluhan emas maka negara-negara peserta lainnya akan sukar menggeser pasukan Garuda dari urutan teratas. Indonesia takkan terkejar lagi, termasuk oleh tuan rumah Malaysia yang terus membayangi Indonesia di urutan dua dengan 71 emas, 65 perak dan 55 perunggu. Apalagi pada hari berikutnya, Indonesia masih mempunyai cabang andalan untuk menambah perbendaharaan emas.

Dengan demikian, Indonesia sukses mewujudkan target merebut kembali gelar juara umum yang dua tahun lalu direbut Thailand pada ASEAN Para Games Singapura 2015. Selain lebih memantapkan dominasi, kosentrasi Indonesia kini menambah emas untuk mencapai atau bahkan melampaui target 107 emas.

"Kami juga sudah membuat analisa raihan emas besok (Jumat - red). Mudah-mudahan apa yang diperkirakan bisa terwujud sehingga Indonesia juara umum dan memenuhi target medali," ujar Chef de Mission (CdM) Kontingen ASEAN Para Games 2017 Indonesia, dr Bayu Rhardian Sp.Kj saat ditemui wartawan di Hoterl Berjaya Times Square, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (21/9/2017) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Perjuangan

Bayu menyatakan, apa yang sudah tercapai sampai saat ini merupakan hasil perjuangan luar biasa para atlet yang tidak kenal menyerah di arena. Kerjasama apik dan kompak seluruh anggota tim juga memberikan dorongan yang luar biasa.

Apa yang diraih merupakan hasil kerja bersama antara pihak Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) dan National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia dan pihak lainnya yang selama ini memberikan dukungan penuh.

"Terimakasih para atlet dan semua yang telah mendukung kelancaran perjuangan di Malaysia. Saya harap semua tetap fokus untuk menambah medali sehingga target yang dicanangkan tercapai. Tetap semangat dan jangan lengah," ujar Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus di bawah Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) itu.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan panitia cabang olahraga yang memperebiutkan emas Jumat ini adalah panahan (2 buah), atletik (26), bulutangkis (12), cp sepakbola (1), renang (10), boling (2), voli duduk (1), dan basket kursi roda (1). Diperkirakan Indonesia minimal meraih 18 emas namun bisa lebih mengingat semua mempunyai peluang besar menjadi yang terbaik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.