Sukses

Gagal Debut di MotoGP, Van der Mark Dapat Simpati

Van der Mark gagal melakoni debutnya setelah Rossi lolos tes kesehatan MotoGP Aragon.

Liputan6.com, Alcaniz - Dipastikannya Valentino Rossi mengaspal pada MotoGP Aragon 2017, Minggu (24/9/2017), tentu menjadi kabar buruk bagi Michael van der Mark. Pasalnya, Van der Mark gagal melakoni debutnya di MotoGP.

Sejatinya, Van der Mark sudah ditunjuk Yamaha sebagai pengganti Rossi pada MotoGP Aragon. Keputusan itu diambil usai balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, 10 September 2017. Yamaha berpikir Rossi masih akan tetap absen pada MotoGP Aragon.

Namun, perkembangan mengejutkan diperlihatkan pembalap Movistar Yamaha tersebut. Secara tiba-tiba, ia mengikuti sebuah tes di Sirkuit Misano pada 18-19 September 2017. Dalam tes tersebut, The Doctor mendapatkan hasil yang cukup positif.

Dengan total melahap 24 putaran selama dua hari, Rossi dengan tegas menyatakan ingin tampil pada MotoGP Aragon. Selanjutnya, The Doctor mampu melewati tes kesehatan. Alhasil Van der Mark hanya bisa melihat aksi para pembalap MotoGP dari garasi.

"Tentu ini disayangkan karena Anda ingin naik, Anda ingin mendapat kesempatan dan Michael juga sangat muda, jadi saya yakin ia akan kecewa. Tapi pada akhirnya ia harus mengerti," ungkap pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dikutip Crash.



Tak hanya Marquez, rekan setim Rossi, Maverick Vinales juga memberikan dukungan kepada Van der Mark yang belum sekalipun mencicipi kelas MotoGP. Namun, ia juga gembira menyambut kabar kembalinya Rossi di garasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Vinales dan Rossi

"Meski begitu, bagus bagi Yamaha karena Valentino ada di sini dan ia bisa mengendarai motor dengan kecepatan 100 persen. Ia selalu berdampak baik bagi tim. Pasti ini sulit bagi Michael, Kesempatan ini hanya didapat sekali, jadi sangat disayangkan," timpal Vinales.

Bahkan, dukungan buat Van der Mark juga didapat dari Rossi sendiri. "Saya pikir Van der Mark di hari-hari terakhir mengerti akan sulit untuk balapan akhir pekan ini," tegas Rossi.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dalam sesi konferensi pers jelang MotoGP Aragon 2017. (JAVIER SORIANO / AFP)

Van der Mark tercatat sebagai rekan setim Alex Lowes di ajang World Superbike (WSBK) 2017. Penampilannya juga terbilang cukup baik. Meski tak sebagus Lowes, setidaknya ia menjadi salah satu pembalap yang kerap bersaing demi posisi lima besar. Saat ini, ia menempati urutan ketujuh klasemen dengan raihan 129 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.