Sukses

5 Kandidat Terkuat Pemain Muda Terbaik 2017

Tahun 2016 lalu gelandang Bayern Munchen Renato Sanches mendapat penghargaan Golden Boy ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 25 nama pemain dari berbagai liga-liga top Eropa masuk sebagai kandidat penerima penghargaan Golden Boy 2017. Tujuh di antaranya merupakan bintang muda Liga Inggris.

Golden Boy merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh para jurnalis olahraga kepada pesepak bola muda yang bermain di Eropa. Mereka berhak jadi nominasi setelah tampil mengesankan selama satu tahun belakangan.

Pada gelaran ke-15 kali ini, kiper 18 tahun milik AC Milan, Gianluigi Donnarumma menjadi satu-satunya kiper yang jadi nominator. Sementara penyerang anyar Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe disebut-sebut sebagai kandidat terkuat penerima gelar Golden Boy tahun 2017.

Predikat Pemain Muda Terbaik Eropa nantinya dinilai berdasarkan pemungutan suara (voting) dari berbagai jurnalis surat kabar. Digelar sejak tahun 2003 oleh harian Italia Tuttosport, media yang berpartisipasi meliputi Bild (Jerman), Blick (Swiss), A Bola (Portugal), l'Équipe (Prancis), France Football (Prancis), Marca ( Spanyol), Mundo Deportivo (Spanyol), Ta Nea (Yunani), Sport Express (Rusia), De Telegraaf (Belanda), dan The Times (Inggris).

Setiap juri diperbolehkan untuk menunjuk lima pemain. Mereka akan memberikan 10 poin pada pemain yang mereka anggap paling mengesankan, dan berturut-turut nilai 7, 5, 3, dan 1 untuk pemain terbaik lainnya.

Tahun 2016 lalu gelandang Bayern Munchen Renato Sanches mendapat penghargaan Golden Boy ini. Dia mengalahkan penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford yang harus puas duduk di posisi runner-up.

Namun, kali ini tak ada nama Renato Sanches dalam daftar 25 pemain muda terbaik Eropa. Rashford yang terpilih lagi pun harus bersaing dengan Mbappe, eks-striker AS Monaco yang berperan membawa timnya musim lalu juara Ligue 1.

Selain dua nama di atas, ada beberapa kandidat kuat penerima Golden Boy Award 2017. Mereka berasal dari berbagai posisi, mulai dari gelandang, penyerang, sampai kiper. Berikut ulasannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gabriel Jesus

Penyerang tengah Manchester City ini akan mendapat kenaikan gaji fantastis pada musim ini. City ingin memastikan salah satu talenta terbaik Eropa itu tak disambar klub lain.

Sejak debut dengan klub Manchester Biru sembilan bulan lalu, dia telah mencetak 12 gol dalam 17 pertandingan. Dan sekarang pemain 20 tahun asal Brasil itu menanti kenaikan upah dari 70 ribu menjadi 150 ribu pound sterling per pekannya.

 

3 dari 6 halaman

Gianluigi Donnarumma

Penjaga gawang AC Milan ini sempat menolak perpanjangan kontrak hingga berujung protes keras dari suporter. Namun, pada akhirnya Donnarumma meminta maaf kepada fans Milan setelah menandatangani kontrak baru hingga 2021.

Pada musim lalu AC Milan hanya finis di peringkat enam klasmen Serie A. Akan tetapi, Donnarumma sukses melakukan melakukan 12 kali penyelamatan dalam 38 penampilannya di liga.

Jumlah penyelamatan remaja 18 tahun itu sama dengan kiper AS Roma Pepe Reina sampai Gianluigi Buffon yang mengangkat trofi Scudetto musim lalu. Donnarumma juga berhasil jadi pahlawan dalam final Piala Super Italia 2016.

Kala itu AC Milan menang 4-3 dalam drama adu penalti dengan Juventus usai meraih hasil imbang 1-1 di waktu normal. Donnarumma berhasil membendung penalti Paulo Dybala.

 

4 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

Barcelona resmi memboyong Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan transfer 105 juta euro (Rp 1,67 Triliun) bursa musim panas ini. Gelandang 20 tahun ini diharapkan bisa menjadi kompensasi atas hilangnya Neymar yang hijrah ke Paris Saint-Germain.

Meski hanya mencetak 10 gol di Dortmund, pemain ini punya kemampuan untuk menyisir lebar lapangan di sayap lewat kecepatannya. Itulah mengapa, eks Rennes ini begitu memikat beberapa klub di dunia termasuk Barcelona.

Kini dia benar-benar sudah diplot sebagai pengganti Neymar. Buktinya, Dembele menyandang nomor punggung 11, nomor yang sama seperti yang dipakai Neymar semasa di Barcelona.

 

5 dari 6 halaman

Kylian Mbappe

Mbappe mencuri perhatian lewat penampilan gemilangnya dengan AS Monaco di musim 2016/2017. Kala itu, remaja 18 tahun tersebut mencetak 26 gol di semua ajang kompetisi.

Tak hanya itu, Mbappe akan menjadi kandidat kuat untuk memenangkan penghargaan Golden Boy setelah ia memainkan peran besar dalam perjalanan Monaco meraih trofi Ligue 1 musim lalu. Dia juga turut membantu klubnya mencapai semifinal Liga Champions UEFA.

 

6 dari 6 halaman

Marcus Rashford

Karier Rashford berkembang pesat sejak tahun lalu. Remaja 19 tahun itu terus mencetak gol-gol yang membuatnya jadi pilihan utama di MU dan tim nasional Inggris.

Pada musim perdananya bersama MU (2015/2016), Rashford melesakkan delapan gol dalam 18 penampilan. Sementara musim lalu, Rashford yang digeser menjadi winger, tetap mampu melesakkan 11 gol dalam 53 penampilan.

Akhir musim lalu, Rashford muncul sebagai pahlawan Manchester United berkat golnya di leg kedua babak perempat dinal Liga Europa. MU menang 2-1 atas Anderlecht lewat gol Rashford yang dicetak pada menit 107.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.