Persaingan Kian Ketat, Ali Adriansyah Berhasil Finis di Portugal

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 19 Sep 2017, 23:45 WIB
World Supersport 300

Liputan6.com, Jakarta Ali Adriansyah Rusmiputro, pembalap Indonesia yang mengikuti ajang balap motor World Supersport 300 (WSSP 300) baru saja menuntaskan laga di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, akhir pekan kemarin.
 
Lomba di Portimao yang merupakan putaran ke-7 dari WSSP 300 2017 ini diikuti 37 rider. Ali Adrian hampir saja menambah pundi poin yang sudah ia kumpulkan sejak putaran pertama.

Sayang, pembalap kelahiran Jakarta 24 tahun silam itu, harus puas finish di urutan ke-16 atau satu posisi di bawah peraih poin terakhir. Raihan posisi finish Ali Adrian pada balapan yang berlangsung sebanyak 11 lap itu lebih baik dari posisi startnya yang berada di urutan 19. Dari 37 pebalap yang berlaga di hari itu, hanya 2 rider yang gagal menyelesaikan lomba.

Sejak sesi latihan bebas (Free Practice) pada hari Jumat (15/9) hingga kualifikasi di hari Sabtu (16/9) sebenarnya Ali Adrian menunjukkan peningkatan. Pada Free Practice pertama (FP1), pebalap Pertamina Almeria Racing Team itu mencatatkan waktu tercepat 2 menit 5,498 detik. Raihan waktu itu mampu ia pertajam pada FP2 dengan 2:03,899.

Pada sesi kualifikasi Superpole 1, Ali Adriansyah kembali memperbaiki catatan waktunya dengan 2:02,765. Catatan waktu yang ia raih di SP1 itu menempatkan Adrian di posisi start 19 dari total 37 pebalap.

Penajaman waktu yang ia raih juga terlihat pada top speed di antara pebalap, di mana  kecepatan Ali Adriansyah menembus 190,1 km/jam dan masuk Top 3 kecepatan tertinggi.

Ketatnya persaingan pada Kejuaraan WSSP 300 semakin terlihat saat race berlangsung. Angelo Licciardi, Paolo Giacomini, Filipo Rovelli juga Daniel Blin adalah pebalap-pebalap yang terus adu kencang wheel to wheel dengan Ali Adriansyah di sirkuit yang penuh tikungan itu.

Hingga lap 8 pergantian posisi di antara mereka terus terjadi. Dua lap menjelang usai, Ali Adriansyah mulai mengungguli lawan-lawan terdekatnya itu. Ia merangsek ke depan dan mencoba mengejar pebalap di depannya.

Satu posisi lagi ia harus ambil untuk meraih  poin, tapi sayang lomba sudah berakhir. Ali Adriansyah harus puas  berada di urutan ke-16 saat melintas garis finish. Hingga putaran ke-7, perolehan poin Ali Adriansyah Rusmiputro  tetap  16 poin dengan posisi klasemen  di urutan 18.

Dua pekan mendatang tepatnya pada 29 September hingga 1 Oktober 2017, Ali Adriansyah akan kembali bertarung di WSSP 300 putaran ke-8 di Sirkuit Magny Cours, Prancis. 

 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini: