Sukses

Rapor Pemain Indonesia U-19 Setelah Takluk dari Vietnam

Timnas Indonesia U-19 takluk 0-3 dari Vietnam di Piala AFF U-18 2017 Myanmar.

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia U-19 menelan pil pahit usai kalah 0-3 dari Vietnam U-19 di Stadion Thuwunna, Yangon, dalam lanjutan Grup B Piala AFF U-18 2017, Senin (11/9/2017). Sejumlah pemain Garuda Nusantara tampil di bawah performa.

Timnas Indonesia U-19 sebenarnya memulai pertandingan dengan sangat baik. Namun, pertahanan Vietnam sangat rapat dan sulit untuk ditembus oleh anak-anak asuhan Indra Sjafri.

Masalah finishing juga jadi pekerjaan rumah berat bagi Indra Sjafri. Dalam sembilan percobaan, cuma tiga yang menyasar target. Beda dengan Vietnam yang cuma lepaskan tujuh percobaan, tapi empat di antaranya tepat sasaran, dan tiga berbuah gol.

Beberapa pemain harus diakui tampil di bawah performa terbaik. Lini belakang patut disoroti lanatran begitu mudahnya ditembus oleh Vietnam.

Lemah dalam mengantisipasi bola mati menjadi penyebab Timnas Indonesia U-19 takluk dari The Golden Star. Laga terakhir melawan Brunei Darussalam pun bakal menentukan nasib Garuda Nusantara ke semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rapor Pemain

Berikut Rapor Pemain Indonesia:

Muhammad Riyandi (7,0): Riyandi tampil istimewa dalam laga itu dengan lakukan empat penyelamatan. Namun sayang, cedera membuatnya ditarik keluar menit 39.

Rifad Marasabessy (5,5): Marasabessy jadi salah satu pemain yang bermain di bawah top performanya. Beberapa kali dia juga sering kehilangan bola dan fokusnya.

Rachmat Irianto (5,5): Rian tampil tak seperti biasanya. Dua gol Vietnam yang terjadi melalui sepak pojok harusnya bisa diantisipasi lewat kepemipinannya di belakang.

Nur Hidayat (5,5): Demikian pula dengan Nurhidayat. Beberapa kali hilang fokus dan berani memainkan bola di pertahanan sendiri malah justru berbahaya buat Indonesia.

Firza Andika (5,5): Firza juga tak terlihat penetrasinya ke depan. Dia memang beberapa kali overlap, tapi jarang sekali diakhiri dengan umpan silang, dan cuma mampu sampai sepertiga pertahanan Vietnam.

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Saddil Ramdani (5,5): Awalnya Saddil tampil lepas. Tapi beberapa kali dia gagal menembus pertahanan Vietnam dan berujung cuma lakukan tendangan dari luar kotak.

M Lutfi Kamal (5,5): Lutfi sebenarnya main bagus di tengah berduet dengan Iqbal. Sayangnya memang permainan bola cuma ada di areal tengah saja.

Muhammad Iqbal (5,5): Iqbal sebenarnya setidaknya lepaskan dua tembakan. Namun sayangnya tak berbuah manis.

Syahrian Abimanyu (6,0): Penampilan Abi sebenarnya lumayan bagus. Umpan-umpan panjangnya acap jadi solusi membelah rapatnya pertahanan Vietnam. Sayang tak ada yang menyambutnya dengan baik.

4 dari 4 halaman

Lini Depan

Egy Maulana (6,0): Egy mampu beberapa kali melewati pertahanan Vietnam. Namun memang tak ada support yang cukup buatnya.

Hanis Saghara (5,0): Hanis bermain kurang maksimal bahkan bisa dibilang tak banyak hasilkan peluang.

Cadangan

Witan  Sulaiman (5,5): Masuknya Witan menit 56 membuat lini serang permainan hidup. Setidaknya ada dua peluang emas dari Witan, salah satunya on target.

Muchamad Aqil Savi (5,0): Masuk gantikan Riyandi, Aqil tampak gugup. Dia bermain kurang maksimal dan tak dapat menghentikan tiga gol Vietnam.

Samuel Christianson (5,0): Samuel dimasukkan pada 10 menit terakhir. Tak banyak yang bisa dilakukannya dalam laga tadi.

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.