Sukses

Disiplin Jadi Kunci Vietnam Bungkam Timnas Indonesia U-19

Meski menang atas timnas Indonesia U-19, Vietnam belum pasti lolos ke semifinal.

Liputan6.com, Yangon - Vietnam menggagalkan misi Timnas Indonesia U-19 mengamankan tiket semifinal Piala AFF U-18 2017. Di Thuwunna Stadium, Myanmar, Senin (11/9/2017), Vietnam mempermalukan Indonesia tiga gol tanpa balas.

Kemenangan Vietnam atas Timnas Indonesia U-19 bukan karena mereka jauh lebih mendominasi permainan. Tim asuhan Hoang Anh Tuan itu menang berkat kecerdikan dan bermain lebih efektif ketimbang skuat Garuda Nusantara.

Meski kalah dalam penguasaan bola, The Golden Stars mampu memanfaatkan kelemahan Indonesia dalam situasi bola mati. Buktinya, gol pertama yang dicetak Le Van Nam di menit ke-41 dan Bui Hoang Viet Anh ke-86 tercipta dari sepak pojok.

Untuk gol kedua yang dilesakkan Van Nam di menit ke-45, lini pertahanan Indonesia gagal mengantisipasi bola crossing yang dimanfaatkan Van Nam dengan sundulan. Kemenangan itu yang membuat Vietnam lebih dekat dengan semifinal.

"Apa yang membuat perbedaan hari ini adalah disiplin. Kami menghormati semua lawan, tapi kami bermain dengan sangat disiplin dan itu penting," ungkap Anh Tuan seperti dikutip aseanfootball.org.



Ya, tingkat kedisiplinan memang menjadi faktor penentu di balik kemenangan Vietnam atas Indonesia. Berkat hal tersebut, pemain andalan Indonesia seperti Egy Maulana Vikri pun dibuat tak berkutik.

Timnas Indonesia U-19 juga sedang tidak dinaungi keberuntungan di laga itu. Selain Feby Eka Putra yang harus absen karena demam, tim asuhan Indra Sjafri itu juga kehilangan kiper Muhammad Riyandi yang cedera di menit ke-37.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.