Sukses

Prediksi Madura United Vs Arema FC: Bukan Sekadar Gengsi

Arema FC jadi salah satu lawan terberat Madura United.

Liputan6.com, Bangkalan - Laga panas akan tersaji dalam pekan ke-23 Liga 1 2017 yang mempertemukan tuan rumah Madura United kontra Arema FC di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (10/9/2017). Pertarungan nanti bukan sekadar gengsi duel tim asal Jawa Timur, melainkan ujian konsistensi.

Sebagai tuan rumah, Madura United jelas diunggulkan. Namun, jelang laga nanti, Laskar Sape Kerrab tengah dihantam sejumlah masalah.

Bukan tanpa alasan, dalam lima pertandingan terakhir, pasukan Gomes de Oliveira itu melempem. Mereka terakhir kali meraih kemenangan lebih dari sebulan lalu, atau 4 Agustus 2017.

Kemenangan lawan Arema jelas bisa jadi batu pijakan. Apalagi, Arema terkenal sangat sukar dikalahkan oleh mereka. Dalam empat pertemuan sejak 2015 lalu, Madura United belum pernah mengalahkan tamunya itu, baik tandang maupun kandang.

Perjalanan mereka kian berat, karena akan kehilangan tiga pemain kuncinya. Greg Nwokolo akumulasi kartu, Peter Odemwingie diragukan lantaran cedera jempol kaki, sedangkan Muhammad Rifad Marasabessy tengah perkuat timnas U-19.



"Menghadapi Arema, salah satu lawan terberat bagi kami. Kami akan tanpa Greg, Odemwingie, dan Marasabessy, tapi kami sudah melakukan persiapan untuk memenangkan pertandingan," ungkap Gomes de Oliveira.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Arema Tak Istimewa

Sedangkan di lain sisi, Arema datang dengan performa yang sedang-sedang saja. Dalam lima laga terakhir, mereka cuma berhasil raih dua kemenangan, dua imbang, dan sekali imbang.

Rekor pertemuan di atas mungkin bisa jadi salah satu alasan mereka bisa curi poin di Pulau Garam. Terlebih, pada pertemuan ISC lalu di tempat yang sama, Singo Edan berhasil tahan imbang tuan rumah tanpa gol.

Jika Madura United kehilangan tiga nama, demikian pula dengan Arema FC. Mereka tak bisa diperkuat oleh Kurnia Meiga yang sakit, serta Bagas Adi dan Dedik Setiawan yang cedera.

Kendati begitu, ada angin segar yang menaungi Singo Edan. Semenjak ditangani Joko Susilo, mereka mulai main bagus, teranyar sukses comeback saat lawan PSM Makassar dari tertinggal 0-3, hingga menyamakannya jadi 3-3.

"Kami tak boleh lagi kecolongan. Kami juga sudabh menyiapkan banyak taktik untuk melawan Madura United, tapi saya pikir pemain harus adaptasi, sejauh ini respons anak-anak lumayan bagus, sudah ada perubahan, meski tidak mudah mengubah pola pikir pemain di dalam kompetisi bergulir seperti ini," papar Joko Susilo.

3 dari 4 halaman

Fakta Pertandingan

Fakta Pertandingan

- Madura United boleh tak pernah menang lawan Arema. Tapi nyatanya mereka sulit ditaklukkan di kandangnya Liga 1 ini. Dari 12 laga kandang, mereka tak sekalipun menelan kekalahan.

- Hal ini ditambah, mereka tak pernah absen cetak gol dalam laga kandangnya. Catatan gol kandangnya juga luar biasa yakni 28 gol dari 12 laga, alias 2,33 gol per pertandingan.

- Ini berbanding terbalik dengan Arema. Mereka baru memasukkan 7 gol dalam 10 laga tandang, atau 0,70 per laga.

- Namun demikian, Arema jadi tim yang menyimpan daya ledak di kandang lawan. Mereka sudah tiga kali menang dalam partai tandang di Liga 1.

- Arema sendiri selalu lambat panas lantaran belum pernah mencetak gol dalam 15 menit pertama.

Head to Head:

14/05/17 Arema 1 – 1 Madura United
02/09/16 Arema 2 – 1 Madura United
06/05/16 Madura United 0 – 0 Arema
16/11/15 Madura United 2 – 4 Arema

4 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Lima Pertandingan Terakhir Madura United:

04/08/17 Madura United 2 – 1 Persela
13/08/17 Bali United 5 – 2 Madura United
21/08/17 Madura United 1 – 1 Persija
28/08/17 Perseru Serui 2 – 0 Madura United
03/09/17 Mitra Kukar 2 – 1 Madura United

Lima Pertandingan Terakhir Arema:

04/08/17 Bhayangkara 2 – 1 Arema
12/08/17 Arema 0 – 0 Persib
18/08/17 Arema 3 – 0 Persiba Balikpapan
23/08/17 Barito Putera 1 – 2 Arema
30/08/17 Arema 3 – 3 PSM

Perkiraan Susunan Pemain:

Arema (4-3-3): Dwi Kusnanto; Beny Wahyudi, Ahmad Alfarisi, Syaiful Indra Cahya, Ahmet Atayev; Fery Aman Saragih, Hendro Siswanto, Adam Alis; Juan Pablo Pino, Dendi Santoso, Christian Gonzales.

Madura United (4-3-3): Angga Saputra; Guntur Ariyadi, Munhar, Rendy Siregar, Andik Rendka Rama; Asep Berlian Fabiano Beltrame, Engelber Sandi; Bayu Gatra, Slamet Nurcahyo, Thiago Furtuoso.

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.