Sukses

Cari Wasit Asing, PSSI Jajaki Beberapa Negara

PSSI menggunakan wasit asing di Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI masih mencari wasit asing dari untuk memimpin pertandingan Liga 1. Sejauh ini, wasit yang memimpin di Liga 1 berasal dari Kirgizstan dan Iran.

"Kita sudah jajaki ke beberapa negara seperti Jepang, Korea, dan Australia. Yang paling available itu Kirgizstan dan Iran," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha dalam jumpa pers di kantor PSSI, Selasa (5/9/2017).

PSSI memang menyiapkan beberapa wasit asing untuk memimpin sejumlah pertandingan Liga 1. Pada putaran pertama, ada enam wasit yang masing-masing berasal dari Kirgizstan dan Australia.

Ratu Tisha menambahkan, untuk putaran kedua, pihaknya juga masih mencari wasit asing untuk memimpin beberapa laga. Sejauh ini, Iran dan Kirgizstan jadi negara yang menyumbangkan wasit.

Para wasit itu rencananya akan mulai memimpin pertandingan mulai pekan ke-23 Liga 1. "Untuk pekan ini tidak ada (wasit asing) dulu," ujarnya.

Keputusan untuk memakai wasit asing muncul setelah banyaknya klub mengeluh ke PSSI soal kepemimpinan wasit lokal. Mereka merasa pengadil lokal tidak adil dalam menjalankan tugasnya.

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.