Gebuk Bulgaria, Belanda Jaga Asa ke Piala Dunia

Oleh Defri Saefullah pada 04 Sep 2017, 01:13 WIB
Arjen Robben

Liputan6.com, Amsterdam - Belanda masih menjaga asa untuk lolos ke Piala Dunia 2018 usai kalahkan Bulgaria 3-1 di Amsterdam Arena, Senin (4/9/2017). Dua gol dari Davy Proper dan satu dari Arjen Robben cukup menjaga harapan Belanda ke Piala Dunia.

Kemenangan ini membuat Belanda berada di posisi 3 klasemen grup A pada kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan 13 poin. Belanda masih tertinggal 3 poin dari Swedia dan 6 poin dari pimpinan klasemen, Prancis.

Belanda habis-habisan menghadapi Bulgaria. Kalah atau imbang sama saja mencoret peluang "De Oranje" dari kancah Piala Dunia 2018.

Belanda langsung tancap gas usai cetak gol lewat Davy Proper di menit ke-7. Dia manfaatkan umpan tarik Daley Blind sehingga membuat Belanda unggul 1-0.

Setelah dibombardir Belanda, Bulgaria buka peluang lewat Georgi Kostadinov. Namun sundulannya manfaatkan umpan Strahil Popov membentur mistar gawang di menit ke-17.

Belanda sendiri terus membuka peluang. Vincent Jansen punya ruang untuk menembak dari jarak jauh tapi tendangan striker Tottenham itu masih melebar di menit ke-36.

Hingga babak pertama duel Belanda vs Bulgaria masih bertahan 1-0.



1 of 3

Babak Kedua

Arjen Robben
Arjen Robben rayakan gol dengan rekannya di timnas Belanda (JOHN THYS / AFP)

Belanda mencoba mainkan tempo di babak kedua. Serangan dibangun dari sayap kiri yang diisi Daley Blind.

Pada menit ke-56, Janssen harusnya bisa menambah gol buat Belanda. Namun tembakannya terlalu lemah dan melebar dari gawang.

Belanda benar-benar menambah gol di menit ke-67. Arjen Robben membuat skor menjadi 2-0 usai memanfaatkan umpan terukur dari Blind.

Tapi Belanda dibuat tegang karena Bulgaria membuat gol cepat di menit ke-69. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Popov, bola disambar Kostadinov sehingga membuat skor menjadi 2-1.

Ketegangan Belanda mencair karena bisa mencetak gol ketiga lewat Propper. Striker Brighton Hove Albion ini membuat Belanda unggul 3-1 setelah manfaatkan umpan Promes di menit ke-80.

Belanda makin tenang setelah mencetak gol ketiga. Bahkan Janssen nyaris mencetak gol keempat tapi tembakannya jauh melambung di atas gawang pada menit ke-84.


2 of 3

Susunan Pemain:

Belanda, Bulgaria, Kualifikasi Piala Dunia 2018
Pemain Bulgaria, Georgi Kostadinov (kiri) gagal menahan laju pemain pemain Belanda, Davy Propper pada laga grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 di Amsterdam, (3/9/2017). Belanda menang 3-1. (AFP/John Thys)



Belanda (4-3-3): Cillessen; Tete, De Vrij, Hoedt, Blind; Wijnaldum, Propper, Vilhena; Robben, Janssen, Promes/Van Ginkel (86)



Bulgaria (4-5-1): Iliev; Strahil Popov, Bozhikov, Terziev, Zanev; Zehirov/Milanov (46), Chochev, Kostadinov, Tsvetkov/Slavchev (25), Manolev/Galabinov (61); Ivelin Popov

Lanjutkan Membaca ↓