Sukses

'Messi Superior, Tak Bisa Dibandingkan dengan Ronaldo'

Ronaldo selama ini sering dibanding-bandingkan dengan Messi

Liputan6.com, Barcelona - Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui Cristiano Ronaldo adalah pemain yang bagus. Namun di mata Xavi, kualitas pemain Real Madrid itu masih di bawah Lionel Messi.

Ronaldo kembali menunjukkan tajinya ketika mencetak hattrick ke gawang Kepulauan Faroe. Itu adalah gol ke-78 Ronaldo untuk Portugal. Pesepakbola 32 tahun itu pun sudah melebihi catatan gol Pele di level internasional.

Ini makin menegaskan kehebatan Ronaldo dalam setahun terakhir ini di mana dia bergelimang gelar baik di level klub maupun timnas. Trofi Ballon d'Or tahun ini pun tampaknya takkan jauh-jauh dari Ronaldo. Meski demikian, bagi Xavi, Messi tetap yang terbaik.

"Messi adalah master dalam indera kolektif dan individual. Tapi bagi Ronaldo, hubungan semacam itu membutuhkan banyak hal. Messi melakukan semuanya dengan baik. Jika seorang pelatih mengatakan: 'Kami bersama semua pemain akan mundur ke belakang', maka Messi juga akan menjadi yang terbaik dalam hal itu," kata  Xavi kepada Marca.

"Jika Anda meminta Ronaldo bermain dengan satu atau dua sentuhan, maka saya tidak tahu apakah dia akan menjadi yang terbaik. Ronaldo yang terbaik dalam hal menembak, dia luar biasa dalam hal itu dan merupakan pemain bersejarah. Tapi dengan Messi, Anda tidak bisa membandingkannya."



Xavi kenal betul siapa Messi. Ia menghabiskan 11 musim main bareng La Pulga di Camp Nou.

"Messi adalah pemain terbaik di Barcelona dan dia juga akan menjadi yang terbaik jika bermain untuk Diego Simeone di Atletico Madrid," Xavi menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.