Sukses

6 Calon Suksesor Ronaldo

Satu dari enam suksesor adalah rekan Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo terus bersaing dengan Lionel Messi sebagai pemain terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir. Teranyar, bintang Real Madrid itu mengalahkan Messi dalam pemilihan Pemain Terbaik UEFA 2016/2017.

Tidak menutup kemungkinan, Ronaldo akan kembali mengalahkan Messi dalam ajang Ballon d'Or 2017. Ini tidak lepas dari sukses bintang asal Portugal itu mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara Liga Spanyol dan mempertahankan trofi Liga Champions.

Sebagai pesepak bola, usia Ronaldo sudah tak muda lagi. Eks pemain Manchester United tersebut pada Februari 2018 akan berusia 33 tahun.

Meski demikian, Ronaldo belum memutuskan kapan akan pensiun. Namun, dia mengakui ada banyak pemain potensial yang bakal menjadi penerusnya.

"Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus. Saya melihat beberapa dengan potensi besar. Pada generasi berikutnya setidaknya ada 10 pemain dengan potensi sangat bagus," kata Ronaldo ketika ditanya siapa yang akan menjadi suksesornya.

Berikut 6 calon suksesor Ronaldo seperti dinukil dari Sokka.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. Marco Asensio

Marco Asensio telah membuktikan diri sebagai calon pemain bintang di masa depan. Bergabung sejak musim 2015/16, dia terus menunjukkan performa meningkat bersama Real Madrid.

Musim lalu, Asensio mencetak 10 gol bersama Real Madrid di semua ajang kompetisi. Performa memukau gelandang 21 tahun itu berlangsung pada ajang Piala Super Spanyol 2017 kontra Barcelona. Ia mencetak dua gol ke gawang klub Catalan itu.

Akhir pekan lalu, Asensio menjadi penyelamat Real Madrid. Dua golnya ke gawang Valencia menghindarkan Los Blancos dari kekalahan.

3 dari 7 halaman

5. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe mencuri perhatian publik sepak bola saat memperkuat AS Monaco di ajang Liga Champions musim 2016/17. Striker 18 tahun itu mencetak enam gol dan membawa Monaco lolos hingga semifinal.

Di Ligue 1 Prancis, Mbappe membantu Monaco memenangi kompetisi domestik tersebut. Tidak hanya itu, dia juga subur dalam urusan mencetak gol. Mbappe mencetak 15 gol dalam 29 penampilan.

Wajar, jika Mbappe menjadi banyak incaran klub-klub top Eropa pada bursa transfer pemain musim panas ini, Real Madrid salah satunya. Namun, pemain Timnas Prancis itu dikabarkan akan segera merapat ke Paris Saint-Germain.

4 dari 7 halaman

4. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele akhirnya resmi menjadi pemain Barcelona. Gelandang 20 tahun tersebut diboyong Barcelona dari Borussia Dortmund dengan 135 juta euro.

Dembele dibeli Barcelona untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Neymar. Bintang asal Brasil itu meninggalkan Camp Nou pada musim panas ini setelah Paris Saint-Germain (PSG) mengaktifkan klausul pelepasannya sebesar 222 juta euro.

Bukan tanpa alasan Barcelona membeli pemain asal Prancis itu. Dembele punya kecepatan yang membuatnya kerap mampu memenangkan duel satu lawan satu dengan pemain bertahan.

Kelebihan itu membuat Dembele cocok dimainkan sebagai penyerang sayap. Karena ia mampu menyisir sisi lapangan dengan cepat dan bergerak menusuk ke kotak penalti untuk memecah konsentrasi lawan. Peran yang dimainkan Cristiano Ronaldo di Real Madrid dan Neymar bersama Barcelona.

5 dari 7 halaman

3. Neymar

Neymar adalah calon penerus Cristiano Ronaldo. Setidaknya ini sudah dibuktikan saat menempati peringkat tiga FIFA Ballon d'Or 2015. Saat itu, Neymar berada di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Bergabung dengan Barcelona pada 2013 dari Santos, Neymar sudah merintis karier sebagai calon penerus Ronaldo dan Messi. Neymar pun memainkan peran yang sama dengan Ronaldo bersama Barcelona.

Bermain sebagai penyerang sayap, Neymar sering menyisir sisi lapangan cepat dan dengan "magisnya" mengelabui bek lawan. Soal urusan gol, Neymar tak perlu diragukan. Tak hanya itu, ia juga menjadi pelayan yang baik dalam memberi umpan-umpan matang yang berujung gol.

6 dari 7 halaman

2. Eden Hazard

Eden Hazard kerap dikaitkan dengan Real Madrid. Klub raksasa Spanyol itu sangat tertarik kepada Bintang Chelsea tersebut karena melihat sesuatu yang istimewa pada dirinya.

Diboyong Chelsea dari Lille pada 2012, Hazard menjelma sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia. Beroperasi di sisi kiri, aksi Hazard kerap merepotkan pertahanan lawan.

Musim lalu, Hazard mencetak 16 gol dan 5 assist di Liga Inggris. Torehannya itu mengantarkan The Blues merebut gelar Liga Inggris.

7 dari 7 halaman

1. Marcus Rashford

Marcus Rashford mencuri perhatian saat dimainkan Manajer Manchester United (MU) Louis van Gaal di putaran kedua musim 2015-16 Liga Inggris. Dari 11 penampilannya, Rashford mencetak lima gol.

Kedatangan Jose Mourinho sebagai pengganti Van Gaal tak membuat Rashford terdepak dari Skuat MU. Ia juga mengandalkan pemain 18 tahun itu di lini depan tim berjuluk Setan Merah itu. Musim lalu, ia mencetak sembilan gol di semua kompetisi.

Musim ini, Rashford kembali mendapat tempat di skuat MU. Sama seperti musim lalu, ia kembali dimainkan sebagai penyerang sayap. Kecepatan menyisir sisi lapangan terkadang berujung gol dan umpan matang bagi rekan-rekannya. Rashford juga piawai dalam mengeksekusi tendangan bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.