Sukses

10 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Raih Perunggu di SEA Games

Penampilan Timnas Indonesia selama SEA Games 2017 sangat mengesankan

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-22 pulang dari SEA Games 2017 dengan kepala tegak. Ini setelah mereka mengandaskan Myanmar dengan skor 3-1 di Stadion Selayang, Malaysia, Selasa (29/8/2017) sekaligus merebut medali perunggu.

Timnas Indonesia sempat tertinggal lewat gol Than Paing di babak pertama. Namun, Hansamu Yama cs menunjukkan semangat menolak menyerah dan berhasil pukul balik Myanmar dengan tiga gol beruntun usai jeda.

Garuda Muda memang tak mampu raih medali emas. Namun, setidaknya penampilan mereka selama SEA Games 2017 mengesankan dengan cuma menelan sekali kekalahan.

Selain itu, ada sinyal bagus dari penampilan Indonesia bersama Luis Milla di SEA Games 2017. Permainan Indonesia bersamanya memiliki visi. Mereka tak lagi mengandalkan bola-bola panjang dan bermain fisik seperti ciri khas yang sudah-sudah.

Nah, ada 10 fakta menarik usai kesuksesan Indonesia raih perunggu SEA Games 2017. Apa saja?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuntaskan Dendam

1. Indonesia sukses tuntaskan dendam pada 2001 lalu. Kala itu, Indonesia tercelat dari Myanmar pada perebutan juara ketiga. Indonesia harus takluk 0-1 dari Myanmar berkat gol Yan Paing menit 44.

2. Ini adalah medali perunggu keempat bagi Indonesia dari seluruh perhelatan SEA Games cabang sepak bola. Total, Indonesia kumpulkan 10 medali, dengan dua emas, empat perak, dan empat perunggu.

3. Hanya Myanmar yang sanggup bikin Indonesia cuma raih penguasaan bola di bawah 50 persen dengan 11 pemain. Sebelumnya, Vietnam sebenarnya buat Indonesia raih 37% penguasaan bola saja, tapi dengan 10 pemain setelah Hanif Sjahbandi diusir wasit.

4. Satria Tama menjadi pemain bintang yang lahir di SEA Games 2017. Dia total catatkan sembilan saves dalam laga melawan Vietnam dan Myanmar.

5. Myanmar telan tiga kekalahan beruntun di SEA Games 2017. Setelah kalah dari Malaysia, dan Thailand, kali ini Indonesia sukses kalahkan mereka.

3 dari 3 halaman

Gol Kedua

6. Ini adalah kali pertama Indonesia sukses menang setelah tertinggal lebih dahulu di babak pertama pada SEA Games 2017. Sebelumnya, mereka cuma bermain imbang 1-1 lawan Thailand setelah tertinggal sebelum turun minum.

7. Evan Dimas cetak gol keduanya ke gawang Myanmar. Sebelumnya, dia cetak gol ke gawang Myanmar pada Piala AFF U-19 2013 lalu.

8. Indonesia baru kebobolan tiga kali dari tujuh laga di ajang SEA Games 2017. Ada tiga nama yang jebol gawang Garuda Muda, yakni Chaiyawat Buran, Thanabalan Nadarajah, dan Than Paing.

9. Golnya ke gawang Myanmar merupakan yang pertama bagi Rezaldi Hehanusa selama bersama timnas Indonesia.

10. Indonesia juga pertama kali sukses cetak dua gol dalam waktu dua menit di SEA Games 2017. (I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.