Sukses

Kisah di Balik Banyak Pemain Vietnam Bernama Nguyen

Dua dari lima orang di Vietnam ternyata bernama Nguyen.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Masih lekat di ingatan pencinta sepak bola dunia kala Islandia berhasil melanggeng ke babak delapan besar Piala Eropa 2016. Kala itu hampir seluruh pemainnya memiliki nama berakhiran -son.

Jika Islandia punya budaya penamaan -son, lain halnya dengan sepertiga lebih penduduk Vietnam yang punya nama Nguyen. Nama ini bisa dilihat dari deretan pemain timnas Vietnam yang berlaga di SEA Games 2017.

Dilansir dari laman Nextshark, dua dari lima orang di Vietnam ternyata bernama Nguyen. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia.

Mulai dari penyerang berbahaya Nguyen Chong Phuong sampai pelatih kepalanya, Nguyen Huu Thang, panggilan ini menandakan eksistensi orang keturunan Dinasti Nguyen.

Sejak tahun 1802, ditengarai orang-orang Vietnam mulai gemar menamai anak mereka dengan nama Nguyen. Pasalnya, ketika itu Dinasti Nguyen berhasil mengambil alih kekuasaan dari Dinasti Mac.

Di tengah Kekaisaran Nguyen Lords, orang-orang mengganti nama mereka agar ingin terhindar dari kewajiban membayar pajak. Selain itu, mereka berharap bisa terhindar dari eksekusi mati, karena punya hubungan dengan Dinasti Mac.

Sejak saat itu, nama Nguyen mulai tersebar penggunaannya sampai sekarang. Konon, jika seseorang memiliki nama Nguyen, maka hidup mereka akan terbebas dan gangguan, penganiayaan, dan berpengaruh pada masyarakat sekitar.

Kini orang yang menyematkan sub-nama tersebut tak ada hubungannya langsung dengan Dinasti Nguyen. Orang-orang bakal sadar jika Nguyen keturunan ningrat jika mereka mengemban nama Nguyen Phuoc atau Nguyen Phuc.

Timnas Indonesia akan tampil menghadapi Vietnam dalam babak penyisihan grup SEA Games 2017 pada Selasa (22/8) malam nanti. Temukan sub-nama Nguyen dalam daftar 24 pemain ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Timnas Vietnam U-22

Penjaga Gawang:
Bui Tien Dungg (FLC Thanh Hoa)
Phi Minh Long (Hanoi FC)
Do Sy Huy (Hanoi FC).

Bek:
Bui Tien DÅ©ng (Viettel),
Tran Dình Trong (Saigon FC),
Hoang Van Khánh (Song Lam Nghe An),
Tran Van Kien (Hanoi FC),
Huỳnh Tan Sinh (Quang Nam FC),
VÅ© Van Thanh (Hoang Anh Gia Lai),
Doan Van Hau (Hanoi FC),
Ho Tan Tai (Binh Dinh),
Do Thanh Thịnh (SHB Da Nang).

Gelandang:
Nguyen Tuan Anh (Hoang Anh Gia Lai),
LÆ°ong Xuan TrÆ°ong (Gangwon FC),
Tran Huu Dông Trieu (Hoang Anh Gia Lai),
Nguyen Van Toan (Hoang Anh Gia Lai),
Lam Ti Phong (Sanna.Khanh Hoa),
Nguyen Quang Hai (Hanoi FC),
Nguyen Phong Hong Duy (Hoang Anh Gia Lai),
DoDuy Mạnh (Hanoi FC).

Penyerang:
Nguyen Cong Phuong (Hoang Anh Gia Lai),
Ha Duc Chinh (SHB Da Nang),
Ho Tuan Tài (Song Lam Nghe An),
Le Thanh Binh (FLC Thanh Hoa).

Pelatih: Nguyen Huu Thang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.