Menanti Akhir Drama Transfer Bintang Liverpool

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 12 Agu 2017, 18:00 WIB
Philippe Coutinho

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer musim 2017 masih berlangsung. Sejumlah klub papan atas di Eropa masih gencar melakukan perburuan pemain.

Rekor transfer musim ini mungkin sudah dipecahkan Neymar saat hengkang dari Barcelona menuju Paris Saint Germain (PSG). Neymar resmi menerima pinangan PSG dengan mahar 222 juta euro atau setara dengan Rp 3,5 triliun.

Kepergian Neymar tentu saja membuat Barcelona sibuk mencari pemain baru sebagai penggantinya. Kabarnya, Barcelona tengah mengincar bintang Liverpool Philippe Coutinho. Penggawa timnas Brasil tersebut akan diplot sebagai pengganti Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain pada 3 Agustus 2017.

Selain Neymar, pemain Borussia Dortmund, Ousmane Dembele, juga masuk dalam perburuan klub raksasa Spanyol itu. Seperti halnya Coutinho, Dembele juga digadang-gadang bakal menggantikan posisi Neymar.

Namun, rencana Barcelona tersebut, hingga sekarang belum juga terwujud. Alotnya rencana kepindahan kedua pemain itu, akibat belum tercapainya kesepakatan soal harga pemain.

Selain itu, Liverpool dan Dortmund juga sepertinya keberatan melepas pemain andalannya. Dengan berbagai alasan, mereka menolak tawaran yang diajukan Barcelona.    

   

Liverpool, misalnya. The Reds sendiri menolak tawaran sebesar 90,3 juta poundsterling yang telah diajukan oleh pihak La Blaugrana.

Tak mau menyerah, Barcelona kini menaikkan tawaran menjadi 108,3 juta poundsterling yang membuat pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, mempertimbangkan kembali keputusannya.

Barcelona juga disebut-sebut telah mengajukan tawaran resmi kepada Dortmund Kamis lalu, Namun, Die Borussen menolak tawaran tersebut.

1 of 3

Mogok Latihan?

Philippe Coutinho
Philippe Coutinho ingin meninggalkan Liverpool dan bergabung ke Barcelona. (doc. This is Anfield)

Liverpool, belum lama ini, mengeluarkan pernyataan soal Coutinho. Mereka dengan tegas menolak melepas pemainnya ke Barcelona.

"Sikap definitif klub adalah tidak ada tawaran untuk Philippe yang akan dipertimbangkan, dan dia akan tetap menjadi pemain Liverpool saat bursa transfer musim panas ditutup," lanjut pernyataan tersebut.

Sikap manajemen Liverpool, rupanya mendapat dukungan dari manajer Jurgen Klopp. Bagi pria asal Jerman tersebut, keputusan mempertahankan Coutinho di Stadion Anfield sudah bulat.

"Ketika FSG mengatakan hal seperti ini, semuanya sudah jelas 100 persen. Anda bisa membacanya dan tidak ada lagi yang bisa dikatakan mengenai rumor transfer Coutinho," ucap Klopp.

Rupanya, keinginan manajemen dan pelatih berbeda dengan sikap pemain. Meski telah dipagari, Coutinho ternyata masih ingin memperkuat Barcelona.

Bahkan, seperti, dikabarkan Sky Sports, mantan pemain Inter Milan tersebut secara resmi telah mengajukan permintaan transfer kepada Liverpool.

Entah terkait dengan situasi ini, Coutinho tak menunjukkan batang hidungnya dalam sesi latihan Liverpool. Menghilangnya Coutinho dikaitkan dengan rumor ketertarikan Barcelona.

Menurut laporan media setempat, Coutinho sempat datang ke Melwood, tempat latihan Liverpool. Namun tak lama kemudian, dia meninggalkan Melwood dengan dikawal dua staff The Reds.

Liverpool dalam situs resminya mengunggah foto-foto latihan tim besutan Jurgen Klopp. Namun tak ada foto yang menunjukkan keberadaan Coutinho.

2 of 3

Sanksi

Spanyol, Barcelona, La Liga, Neyrmar Jr
3. Ousmane Dembele (Borussia Dortmund) - Bintang Borussia Dortmund itu menjadi target Barcelona sejak musim panas lalu. Jika Neymar jadi pergi dari Camp Nou maka Dembele mempunyai kesempatan masuk skuat utama Valverde. (EPA/Christian Bruna)



Peristiwa serupa juga terjadi di Dortmund. Dembele, tidak mengikuti sesi latihan rutin pada Kamis lalu. Hal itu ditengarai berkaitan dengan keinginan Dembele pindah ke Barcelona.

Penolakan klubnya atas penawaran Barcelona, membuat Dembele berang. Alhasil, pemain berusia 20 tahun tersebut mogok berlatih. Bahkan, pihak klub tidak dapat menghubungi sang pemain.

Alhasil, Dembele mendapatkan sanksi dari Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis itu dilarang berlatih dan tampil untuk tim utama hingga pertandingan DFB Pokal.

"Ousmane Dembele menghilang dari latihan rutin Borussia Dortmund tanpa izin. Perilaku seperti itu akan mendapat sanksi, dia tidak dapat berlatih dan tampil hingga laga DFB Pokal pada akhir pekan nanti," ujar Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc.

Lanjutkan Membaca ↓