Sukses

Di MotoGP Austria, Marquez Ingin Hindari Wheelie

Wheelie menjadi salah satu masalah yang masih dihadapi Marquez di MotoGP 2017.

Liputan6.com, Brno - Kesuksesan merebut podium juara MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno sudah dilupakan Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu kini sudah memikirkan balapan selanjutnya, yakni MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (13/8/2017).

Usai balapan MotoGP Ceko, para pembalap mengikuti tes yang juga berlangsung di Brno, Senin (7/8/2017). Kesempatan itu digunakan The Baby Alien untuk menjajal berbagai hal. Namun, ia masih mampu meraih hasil yang memuaskan.

Dalam tes tersebut, ia menempati posisi kedua dengan raihan 1 menit 55,180 detik, hanya terpaut 0,018 detik dari Valentino Rossi yang menempati urutan teratas. Tes itu dijadikan Marquez sebagai ajang persiapan sebelum MotoGP Austria.

"Kami mencoba beberapa hal dan itu adalah cara yang sempurna untuk memahami beberapa pengaturan untuk Austria. Di saya, terpenting adalah mencoba menghindari wheelie (ban terangkat), tapi pada saat yang sama mencoba untuk memiliki pengereman bagus. Stabilitas," kata Marquez dilansir Crash.

Pada paruh kedua MotoGP 2017, tim-tim beramai-ramai menjajal performa motor dengan fairing baru. Yamaha sudah mencobanya pada tes tersebut. Sedangkan Ducati sudah lebih dulu menjajalnya saat balapan MotoGP Ceko.

Fungsi fairing tersebut adalah untuk gaya tekan ke bawah (downforce). Tujuannya adalah agar keseimbangan motor lebih terjaga dan mengurangi tingkat wheelie. Sama seperti fungsi sayap yang digunakan beberapa pembalap pada musim lalu.

"Masih ada salah satu masalah kami, yakni sisi akselerasi karena wheelie dan kami tengah bekerja di bidang elektronik. Kami mencoba untuk menghindarinya, tapi saat memperbaiki, kami justru kalah di sektor lain," tegas Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini