Sukses

Neymar, Antara Uang dan Prestasi

Neymar memecahkan rekor transfer termahal saat dibeli PSG.

Liputan6.com, Jakarta- Neymar akhirnya resmi menjadi pemain Paris Saint Germain terhitung sejak Jumat (4/8/2017). PSG memecahkan rekor transfer termahal di dunia yang sebelumnya dipegang Paul Pogba.

Pemuda Brasil itu dibeli PSG dari Barcelona. Untuk mendapatkan Neymar, PSG harus menebus klausul pelepasan Neymar yang berniat 222 juta euro atau Rp 3,4 miliar. Eks penyerang Santos tersebut diberitakan akan menerima gaji sebesar 574.454 euro (Rp 9,08 miliar) per pekan. 

Keputusan Neymar menerima pinangan PSG mengejutkan banyak pihak. Pria 25 tahun itu dinilai melakukan langkah mundur dengan pindah ke PSG yang bermain di Ligue 1. Kompetisi terelite di Prancis itu tak masuk tiga besar liga terbaik di dunia.

Para pesepakbola terbaik yang sedang dalam masa keemasannya biasanya akan menolak rayuan dari PSG karena persaingan di Liga Prancis tidak kompetitif. Tengok saja Pogba yang berasal dari Prancis. Dia lebih memilih pindah ke Manchester United tahun lalu walau juga digoda oleh PSG.

Banyak kalangan menilai Neymar mau pindah ke PSG karena mata duitan. Neymar dituding silau dengan tawaran gaji super besar dari PSG.

Neymar lantas dibandingkan dengan seniornya di timnas Brasil Ronaldinho. Pada tahun 2003, Ronaldinho memilih meninggalkan PSG ke Barcelona demi mengejar prestasi dan akhirnya bisa mendapatkan Ballon d'Or di Nou Camp. Neymar justru melakukan langkah berlawanan dengan Ronaldinho.

Neymar Dianggap Mata Duitan (AFP)

Peluang Neymar mendapatkan Ballon d'Or di PSG diperkirakan lebih kecil dibanding main di tiga liga top Eropa (Liga Inggris, Spanyol dan Italia). Gelar juara Liga Prancis saja tidak akan cukup untuk membuat Neymar jadi kandidat peraih Ballon d'Or. Dia harus bisa membawa PSG berjaya di Liga Champions

Tudingan miring sebagai pemain mata duitan langsung dibantah oleh Neymar. Dia tidak mau dibilang pemain mata duitan. Neymar berkilah pindah karena mengejar prestasi.

Neymar Jadi Pemain Termahal di Dunia (AFP)

"Apa yang dapat saya katakan kepada orang-orang adalah mereka tidak tahu apa-apa mengenai kehidupan pribadi saya. Saya tidak pernah termotivasi dengan uang. Itu bukan motivitasi pertama saya (ketika memutuskan bergabung dengan PSG)," ujar Neymar, saat menggelar jumpa pers, di Paris.

"Apa yang saya pikirkan adalah kebahagiaan. Saya ingin saya dan keluarga saya bahagia. Saya mengikuti kata hati dan tidak mempertimbangkan uang. Jika mempertimbangkan hal tersebut, saya mungkin berada di klub dan negara yang berbeda."Neymar Pakai Nomor 10 di PSG (AFP)

"Saya sedih orang-orang berpikir seperti itu. Saya ingin berterima kasih kepada PSG karena mereka percaya kepada potensi yang saya miliki dan saya ingin membayar kembali hal tersebut," lanjut Neyarm.

Senada dengan Neymar, Bos PSG Nasser Al Khelaifi juga menegaskan kepindahan mantan kekasih Bruna itu bukan karena faktor uang.

"Saya bisa jamin dia tidak datang demi uang. Dia bisa dapat uang lebih banyak di tempat lain. Dia datang untuk kompetisi, untuk tantangan," Al-Khelaifi menegaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Formasi