Sukses

Pantaskah Neymar Jadi Pemain Termahal Dunia?

Dibanding Neymar, Messi lebih pantas menyandang predikat sebagai pemain termahal dunia. Namun, Barcelona tidak akan menjual Messi.

Liputan6.com, Barcelona - Neymar akhirnya resmi meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2017. Ini setelah klub Prancis itu mengaktifkan klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro atau sekitar Rp 3,47 triliun. Dalam kontrak berdurasi lima tahun itu, Neymar mendapat gaji 30 juta euro atau sekitar Rp 474 miliar per tahun.

Nilai transfer Neymar dari Barcelona ke PSG mengalahkan rekor transfer Paul Pogba. Ketika memboyong kembali gelandang asal Prancis tersebut dari Juventus pada musim panas 2016, Manchester United (MU) harus mengeluarkan biaya 105 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Ini merupakan kali kedua Neymar menjadi pemain termahal dunia. Sebelumnya, ia pernah menyandang predikat tersebut ketika diboyong Barcelona dari Santos dengan nilai transfer 85 juta euro atau Rp 1,3 triliun pada 2013.

Pantaskah Neymar menjadi pemain termahal di dunia? Seperti diketahui, Neymar merupakan salah satu pilar kunci Barcelona. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, ia tampil trengginas di lini depan Blaugrana.

Infograsif Neymar

Pada musim 2015-16, Neymar membantu Barcelona memenangkan gelar juara La Liga Spanyol dan Copa del Rey. Di musim itu, dia mencetak 31 gol di seluruh kompetisi.

Neymar pun sempat menjadi kandidat peraih gelar Ballon d'Or 2015. Saat voting, pemain 25 tahun itu berada di posisi ketiga di bawah Messi dan Cristiano Ronaldo.

Meski layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia berkat berbagai torehan prestasinya, Neymar dianggap Pele masih belum sebanding dengan Messi dan Cristiano Ronaldo. "Dia memang bagus, tapi dia tak memiliki kualitas Ronaldo dan Messi," kata legenda Brasil tersebut.

Kualitas Neymar memang belum sebanding Messi dan Ronaldo. Namun, Barcelona menganggap Neymar sebagai aset berharga. Karena itu, tim Catalan ini memagari Neymar dengan klausul pelepasan sebesar 222 juta euro di kontrak yang ditandatangani pada 2016 lalu. Jumlah itu akan meningkat hingga 250 juta euro pada Oktober 2017.

Dibandingkan Neymar, Messi lebih layak menyandang sebagai pemain termahal di dunia. Namun, seperti diketahui, Barcelona tak akan menjual megabintangnya tersebut. Terlebih, dalam kontrak yang baru ditandatangani, klausul pelepasan pemain Timnas Argentina itu melonjak hingga 300 juta euro atau sekitar Rp 4,74 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Neymar