Sukses

3 Bintang Serie A yang Hijrah ke La Liga Musim Panas Ini

Salah satu pemain Serie A yang terbang ke Negeri Matador musim panas ini adalah Ever Banega.

Liputan6.com, Roma - Pada bursa transfer musim panas ini, cukup banyak pemain dari Liga Italia Serie A yang hijrah ke liga lain di Eropa. Salah satu liga yang dituju adalah La Liga Spanyol, arena tempat para megabintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merumput.

Salah satu pemain Serie A yang terbang ke Negeri Matador musim panas ini adalah Ever Banega. Gelandang Timnas Argentina itu kembali ke klub lamanya, Sevilla, setelah hanya satu musim membela Inter Milan. Ia direkrut kembali oleh Sevilla seharga 9 juta euro.

Bersama Inter, Banega tadinya masih terikat kontrak sampai Juni 2019. Namun, manajemen Inter merasa tak puas dengan performa Banega dan menganggap pemain 29 tahun itu gagal menyesuaikan diri.

Padahal, kontribusinya musim lalu cukup lumayan, yakni 6 gol dan 8 assist dalam 33 pertandingan. Selain Banega, setidaknya ada tiga pemain lain yang juga meninggalkan Serie A dan hengkang ke La Liga musim panas ini.

Berikut daftarnya seperti dilansir dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Luis Muriel

Sevilla berhasil mendapatkan Luis Muriel dari Sampdoria, dengan harga 20 juta euro, di bursa transfer musim panas ini. Kepindahan Muriel ke Spanyol memupuskan harapan Inter Milan dan Juventus, yang tadinya juga menginginkan striker Kolombia itu.

Ini adalah kali pertama Muriel akan merumput di Spanyol, setelah tujuh tahun berkarier di Italia. Ya, sebelum bergabung dengan Sampdoria pada tahun 2015, penyerang berusia 26 tahun itu pernah menjadi milik Udinese selama lima tahun.

Selama bermain di Serie A, Muriel total tampil di 165 pertandingan, dan menorehkan 43 gol dan 33 assist. Khusus bagi Sampdoria, ia menyumbang 24 gol dan 20 assist dalam 84 penampilan dalam dua musim.

Oleh Sevilla, Muriel dikontrak hingga Juni 2022. Dalam perjalanan kariernya, ia sejatinya pernah merumput di La Liga pada Agustus 2010 hingga April 2011. Waktu itu ia dipinjamkan oleh Udinese ke Granada.

3 dari 4 halaman

2. Neto

Kiper Juventus, Neto, akhirnya menyudahi kegerahannya selama dua tahun sebagai kiper cadangan. Kiper asal Brasil itu pindah ke Valencia dengan nilai transfer 6 juta euro.

Ia mengikuti jejak mantan rekannya di Juventus, Simone Zaza, yang telah lebih dahulu tiba di Mestalla. Umur Neto bisa dikatakan sudah tidak muda lagi.

Tepat pada hari Rabu kemarin, 19 Juli, ia genap berusia 28 tahun. Sebab itu, duduk di bangku cadangan terus menerus bukanlah hal yang menyenangkan baginya.

Apalagi, Juventus juga tidak menjanjikan ia bakal mendapatkan tempat utama ketika Gianluigi Buffon pensiun. I Bianconeri justru sibuk mencari kiper pengganti Buffon, yang baru-baru ini akhirnya mendapatkan Wojciech Szczesny dari Arsenal.

Neto total sudah bermain di Serie A selama enam musim. Sebelum bergabung dengan Juventus pada tahun 2015, ia pernah membela Fiorentina selama empat musim (2011-2015).

Ia diboyong oleh La Viola ke Italia dari klub Brasil, Atletico Paranaense, seharga 3,5 juta euro. Sewaktu masih membela Fiorentina, Neto bermain secara reguler.

Namun bersama Juventus, ia hanya tampil 22 kali dalam waktu dua musim. Ia hanya diturunkan di laga-laga yang tidak penting atau tidak menentukan bagi Juventus.

4 dari 4 halaman

3. Diego Lopez

Nasib hampir serupa dialami Diego Lopez. Ya, kiper senior dan berpengalaman itu hanya menjadi penghuni setia bangku cadangan AC Milan. I Rossoneri lebih mengandalkan kiper belia binaan akademi mereka, Gianluigi Donnarumma untuk mengamankan gawang mereka.

Lopez pun pulang ke kampung halamannya dan dikontrak secara permanen oleh Espanyol dengan nilai transfer 1 juta euro. AC Milan merupakan satu-satunya tim di luar Spanyol yang pernah dibela Lopez.

Sepanjang kariernya, kiper berusia 35 tahun itu tak pernah ke luar negaranya, kecuali saat bergabung dengan Milan pada tahun 2014. Ia hijrah ke Italia setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Real Madrid waktu itu.

Selama tiga tahun membela Milan, Lopez hanya tampil di 37 pertandingan. Mantan kiper Villareal itu semakin sulit mendapatkan jatah bermain sejak kedatangan pelatih Vincenzo Montella. Kini, bersama Espanyol, ia dikontrak hingga Juni 2020. (Abul Muamar)

Saksikan juga video menarik lainnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.