Sukses

Kalah Lawan Malaysia, Timnas Indonesia U-22 Jauh dari Harapan

Persiapan timnas Indonesia U-22 boleh dibilang sangat matang menghadapi turnamen ini.

Liputan6.com, Bangkok - Hasil mengecewakan diraih timnas Indonesia U-22 dalam laga pembuka Kualifikasi Piala AFC U-23. Garuda Muda menyerah 0-3 melawan Malaysia, Rabu (19/7/2017).

Padahal, persiapan timnas boleh dibilang sangat matang menghadapi turnamen ini. Mereka berkumpul sejak Februari di bawah asuhan Luis Milla.

Nama Milla sendiri sebenarnya merupakan jaminan mutu. Pasalnya, ia pernah sukses membawa timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa.

Bahkan tak sedikit pemain timnas Spanyol U-21 menjadi bintang. Seperti Juan Mata, Ander Herrera, Thiago, hingga David De Gea.



Itu sebabnya PSSI percaya Milla bisa memberikan sentuhannya bagi timnas. Target tinggi pun dibebankan pada pelatih asal Spanyol tersebut.

Apalagi timnas Indonesia U-22 diisi oleh banyak pemain bertalenta. Beberapa diantaranya adalah andalan di klubnya masing-masing dalam mengarungi Liga 1 musim ini.

Selain itu, ada juga lulusan timnas U-19 yang pernah membanggakan Indonesia beberapa tahun lalu. Seperti Evan Dimas, M. Hargianto, dan Hansamu Yama.



Sayangnya, pada laga pertama melawan Malaysia, Milla seperti melakukan blunder. Alih-alih menurunkan skuat terbaik, dia malah mencadangkan Evan Dimas dan Hansamu Yama.

"Masalahnya ada di babak pertama. Gol pertama membuat kami kesulitan dan gol itu membuat mental kami tidak siap di 20 menit awal. Di babak kedua kami bermain lebih baik," kata Luis Milla setelah pertandingan di National Stadium, Bangkok, Thailand, Rabu (19/7/2017).



"Saya tahu pentingnya pertandingan ini. Saya menurunkan pemain terbaik dalam laga ini. Bagi saya 23 pemain di sini sama baiknya," Milla menambahkan saat ditanya keputusannya mencadangkan Evan dan Hansamu.

Tersisa dua pertandingan lagi di Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup H. Timnas Indonesia U-22 sudah ditunggu Mongolia pada 21 Juli 2017, lalu melawan tuan rumah Thailand pada 23 Juli 2017.

Tentu sangat berat untuk bisa lolos. Terlebih Mongolia bukan lawan yang mudah. Mereka mampu menunjukkan kualitas setelah menahan imbang Thailand di laga perdana. *

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.