Sukses

5 Calon Pengganti Dani Alves di Juventus

Dani Alves sudah tinggalkan Juventus dan gabung PSG, siapa calon penggantinya?

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Dani Alves ke Paris Saint-Germain, jelas memberikan dampak bagi Juventus. Mereka tentunya akan segera mencari pengganti ideal untuk mengarungi tiga kompetisi yang bakal diikuti musim ini.

Walau cuma semusim di Turin, pemain asal Brasil itu memberi dampak signifikan. Dia sukses cetak total enam gol dan enam assist serta membawa Bianconeri raih double winner. Istimewanya dia juga terlibat bawa Juventus ke final Liga Champions.

Kepergian Dani Alves jelas akan sangat terasa di kubu Juve. Penetrasinya yang sering membantu penyerangan tak akan ada lagi musim depan.

Meski sudah berumur, tapi Dani Alves kerap sukses membantu tim yang dibelanya. Hanya saja, ulah kontroversialnya tidak sesuai dengan panji-panji yang dipegang Juventus. Dia salah satu pemain yang dianggap bikin onar jelang babak dua final Liga Champions selain Bonucci.

Tapi, Juventus wajib tetap tenang . Masih ada lima nama lain yang bisa jadi pengganti ideal Dani Alves. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mattia De Sciglio

Belanja AC Milan yang sangat jor-joran musim panas ini, jelas akan memakan korban. Kabarnya ada kesepakatan lain saat Milan ikat Leonardo Bonucci, yakni menyantumkan nama De Sciglio dalam penjualan.

Andai benar, De Sciglio sangat pas untuk gantikan Alves. Dia jua punya kecepatan yang apik sebagai bek kanan. Dari statistik, De Sciglio cuma melakukan kesalahan kontrol 0,5 kali tiap laganya.

Selain itu, umurnya yang masih 24 tahun akan sangat berharga buat Juve. De Sciglio bakal bertahan lebih lama dan kian matang bersama Bianconeri.

3 dari 6 halaman

2. Djibril Sidibe

Nama Djibril Sidibe jadi sorotan karena membawa AS Monaco jadi juara Ligue 1 musim lalu. Performanya sebagai bek kanan sudah diakui di Prancis.

Pemain berusia 24 tahun itu mungkin tidak dipuji seperti rekan setimnya Thomas Lemar dan Kylian Mbappe. Namun ia memainkan peran penting.

Sistem Monaco dan Juve menunjukkan pentingnya fullback dalam permainan modern. Sidibe selalu siap untuk memberi jarak saat Benjamin Mendy di sisi lain dan kapan pun Lemar atau Bernardo Silva masuk.

Tugasnya sangat mirip dengan Juve. Saat Alves akan naik ke lapangan tengah untuk mendukung Paulo Dybala, jadi Anda akan berharap dia ditugaskan untuk melakukan transisi. Sidibe bisa bikin JUve lupa dengan Dani Alves dengan permainan impresif dan daya jelajahnya yang tiggi.

4 dari 6 halaman

3. Matteo Darmian

Seperti De Sciglio, Darmian adalah pilihan tepat musim panas ini. Usai tampil impresif di Piala Dunia 2014, ia beralih ke Manchester United. Apik kala ditangani Louis van Gaal, Darmian terbuang bersama Jose Mourinho.

Mourinho lebih memilih Antonio Valencia untuk isi posisi bek kanan. Mourinho kabarnya tak segan untuk menjual Darmian pada bursa transfer musim panas andai ada klub yang berminat.

Darmian tak sebaik Alves, tapi setidaknya kedatangannya bisa menghemat pengeluaran Juventus untuk datangkan nama besar lainnya. Apalagi, Darian punya potensi besar andai dipercayakan seperti kala menggetarkan Italia bersama Torinpo.

5 dari 6 halaman

4. Hector Bellerin

Nama Hector Bellerin belakangan dikabarkan bakal cabut dari Arsenal. Punya kecepatan dan daya jelajah tinggi, banyak klub raksasa Eropa meminati jasanya, termasuk Barcelona.

Akan tetapi nyatanya itu hanya isapan jempol belaka. Juventus yang dapat uang besar dari penjualan beberapa nama dalam musim-musim terakhir bisa saja beri terobosan dengan tawar Bellerin dengan harga tinggi.

Tak bermain di Liga Champions untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun akan menghalangi The Gunners menahan kepergian para pemain bintang. Bellerin sangat cepat menjadi salah satu fullback terbaik di Eropa. Kecepatan adalah aset utamanya, tapi dia jauh lebih defensif daripada Alves.

6 dari 6 halaman

5. Danilo

Danilo mungkin adalah pilihan yang paling mirip dengan Alves. Seperti Alves, dia juga memiliki pemahaman bagus kala ditugaskan untuk bek kiri. Kecepatannya jua mirip-mirip Alves.

Pemain berusia 25 tahun itu hanya berhasil 41 kali tampil di Santiago Bernabeu. Dia tampak kesulitan untuk geser posisi Dani Carvajal secara reguler.

Juventus harus gerak cepat untuk memanfaatkan sutuasi tersebut. Apalagi, Chelsea akhir-akhir ini dikabarkan sudah jalin komunikasi dengan Real Madrid.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.