Sukses

Negara-Negara yang Layak Temani Indonesia Gelar Piala Dunia 2034

Indonesia akan memimpin negara-negara Asean untuk ikut bidding Piala Dunia 2034.

Liputan6.com, Jakarta PSSI berniat mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama negara-negara Asia Tenggara lainnya. Rencana ini bakal dimatangkan saat AFF Council Meeting dan AFF Awarding Night, di Nusa Dua, Bali, September 2017. 

Rencananya, Indonesia memang tidak sendiri mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Beberapa negara Asia Tenggara lainnya juga ingin ikut ambil bagian. 

"Indonesia akan bertindak sebagai pimpinan dari konsorsium negara-negara Asia Tenggara dan akan membahas proses bidding untuk turnamen tersebut. Saat ini sedang diproses di mana tawaran terakhir akan diberlakukan pada 2026 mendatang," kata pelaksana tugas Sekrertaris Jenderal (Plt Sekjen) PSSI, Joko Driyono dilansir AS. 

Ada 11 negara Asia Tenggara yang tergabung dalam AFF. Namun menurut James Walton, pimpinan Grup Bisnis Olah Raga dari Deloitte Singapura, hanya beberapa saja yang layak jadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Salah satunya adalah Singapura.  

"Jika Anda tertarik mengajukan tawaran menarik bagi sponsor, wisatawan luar negeri, dan punya fasilitas yang dibutuhkan, Anda bisa mendapatkannya di Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Jakarta (Indonesia), dan Bangkok (Thailand)," kata Walton. 

Sejauh ini, Thailand sudah menunjukkan kesediaannya jadi co-host Piala Dunia 2034. Hal ini seperti diungkapkan Deputi CEO Asosiasi Sepak Bola Thailand, Benjamin Tan.

"Dengan populasi yang mendekati 650 juta, di mana angka ini 10 persen dari populasi dunia, tentu masuk akal salah satu negara dengan populasi tertinggi dan rumah bagi penggila sepak bola jadi tuan rumah Piala Dunia," kata Tan seperti dilansir AS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.