Sukses

FIFA Akan Uji Teknologi Baru di Final Piala Konfederasi 2017

Final Piala Konfederasi 2017 mempertemukan Cile dengan Jerman pada Minggu (2/7/2017) malam waktu setempat di Krestovsky Stadium.

Liputan6.com, Moskow - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan kembali menerapkan inovasi teknologi di Piala Konfederasi 2017 Rusia. Setelah sukses memulai penggunaan Video Assistant Referee (VAR) selama pertandingan Piala Konfederasi 2017, FIFA akan menyediakan tablet khusus pada tim analis selama final turnamen.

Final Piala Konfederasi 2017 mempertemukan Cile dengan Jerman pada Minggu (2/7/2017) malam waktu setempat di Krestovsky Stadium, St. Petersburg. FIFA akan menyediakan tablet untuk menganalisa analis statistik permainan secara real time.

Dikutip dari laman resmi FIFA, inisiatif ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan mengenai manfaat dan tantangan dalam menggunakan peralatan komunikasi elektronik. Ini akan menjadi teknologi pertama yang telah diuji FIFA dalam sebuah turnamen.

Setiap tim akan dibekali tiga tablet. Satu untuk petugas analis yang mengamati final dari tribun, satu lagi untuk mereka yang bekerja dari di bangku cadangan dan yang ketiga untuk staf medis timnas.

Tablet ini akan memiliki akses ke rekaman pertandingan yang dikirim dengan penundaan waktu 30 detik. Rekaman pertandingan dikirim bersamaan dengan data posisi pemain sesuai sistem pelacakan optik, seperti passing (umpan), pressing, speed, tekel dan statistik lain dalam laga.

Petugas yang berpartisipasi diharapkan bisa memberikan masukan atas ujicoba penggunaan tablet ini di final Piala Konfederasi 2017. Termasuk saran mengenai informasi apa yang harus diberikan kepada ofisial tim mereka melalui perangkat semacam itu, masalah yang mungkin ditimbulkan dan perangkat elektronik jenis apa yang harus diizinkan.

Saksikan video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.