Sukses

Jika Real Madrid Tanpa Ronaldo

Tidak mudah mencari pemain yang tepat untuk menggantikan Ronaldo di Real Madrid.

 

Liputan6.com, Madrid - Rencana Real Madrid memperkuat skuatnya untuk kompetisi musim depan terkendala dengan pernyataan pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo. Pemain Timnas Portugal tersebut menyatakan ingin meninggalkan Los Blancos pada musim panas ini.

Padahal, Real Madrid tengah memulai era baru di bawah pelatih Zinedine Zidane. Pria Prancis itu sudah memberikan lima trofi juara meski baru 1,5 tahun menangani Sergio Ramos dan kawan-kawan. Kelima trofi itu antara lain La Liga Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions (2).

Niat Ronaldo hengkang dipicu oleh laporan jaksa di Spanyol terkait kasus pajaknya. Ia dituding telat menghindar dari kewajibannya pada kurun waktu 2011-2014 dengan total uang sebesar 14,7 juta euro atau sekitar Rp 219 miliar.

Bagaimana Real Madrid jika tanpa Ronaldo? Eks Presiden Real Madrid Ramon Calderon menilai klub raksasa Spanyol itu akan mengalami kerugian besar jika pemenang empat penghargaan Ballon d'Or itu pergi.

Untuk itu, Calderon meminta Presiden Real Madrid Florentino Perez agar berusaha keras mempertahankan Ronaldo. "Ini akan menjadi kesalahan besar jika Perez tidak mencoba untuk mempertahankan Ronaldo bersama Madrid," ujar Calderon kepada talkSPORT.

Bukan tanpa alasan Calderon mengungkapkan pendapatnya itu. "Dia (Ronaldo) telah memecahkan semua rekor di klub ini dan dia mendapatkan tiga gelar Liga Champions dalam empat tahun dan La Liga tahun ini," ujarnya.

"Dia telah menjadi pemain yang sangat penting. Butuh waktu lama dan usaha besar untuk merekrutnya ketika MU tidak ingin membiarkannya pergi. Kami harus mempertahankannya."

Sejumlah pemain telah dikaitkan dengan Real Madrid jika Ronaldo jadi hengkang. Mulai dari Kylian Mbappe (AS Monaco), Eden Hazard (Chelsea), Paulo Dybala (Juventus), serta Robert Lewandowski (Bayern Muenchen). Namun, Calderon menyatakan tidak mudah mencari pemain yang tepat untuk menggantikan Ronaldo.

Dia memprediksi Real Madrid bakal terpuruk jika sampai melepas Ronaldo. "Tidak ada pengganti untuknya. Saya tidak melihat siapapun di dunia sepak bola yang bisa menggantikannya. Saya berharap dan ingin dia bisa bertahan bersama kami sampai pensiun," tandas Calderon.

Simak video menarik berikut ini:

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.