Sukses

Debutan Liga Inggris Pecahkan Rekor Transfer

Baru pertama kali tampil di Liga Inggris, Brighton merekrut Mathew Ryan.

Liputan6.com, Brighton - Wajah baru Liga Inggris, Brighton and Hove Albion, memecahkan rekor transfer jelang musim 2017/2018. Mereka merekrut kiper nomor satu Australia, Mathew Ryan, dari Valencia.

Brighton tidak mengumumkan nilai resmi transfer Ryan. Namun, klub yang belum pernah berpartisipasi di kasta tertinggi sistem kompetisi sepak bola Liga Inggris tersebut memastikan inilah pembelian terbesar sepanjang sejarah klub.

"Kami senang bisa meyakinkan Ryan untuk bergabung. Kehadirannya jelas membantu kami mengarungi kampanye perdana di Liga Inggris," kata pelatih Brighton, Chris Hughton, dikutip situs resmi klub.

Transfermarkt mencatat pemegang rekor transfer Brighton sebelumnya adalah Shane Duffy. Dia dibeli dari Blackburn Rovers tahun lalu senilai 4,5 juta pound sterling, atau sekitar Rp 76,5 miliar.

Brighton mengontrak Ryan selama lima musim. Dia akan menggantikan David Stockdale yang pergi ke Birmingham City.

Ryan bergabung dengan Valencia pada 2015. Namun, penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut hanya membela El Che di 10 pertandingan. Dia menghabiskan musim lalu di Genk dengan status pinjaman.

"Bagi penjaga gawang, Ryan sudah sangat berpengalaman. Dia bermain di level tertinggi Australia, Belgia, Spanyol, kompetisi Eropa, plus timnas," kata Hughton.

Sebelum menjajal Liga Inggris, Ryan bakal unjuk gigi bersama Australia di Piala Konfederasi 2017. Sejauh ini dia tercatat mengantongi 32 caps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.