Sukses

Mantan Asisten Pelatih MU Bawa Iran ke Piala Dunia 2018

Quieroz bekerja sebagai deputi Sir Alex Ferguson di MU.

Liputan6.com, Teheran - Mantan asisten pelatih Manchester United (MU), Carlos Quieroz, mencatat sejarah sebagai sosok pertama yang meloloskan tim ke Piala Dunia. Dia melakukannya dengan membawa Iran tampil di Piala Dunia 2018.

Quieroz, yang jadi deputi Sir Alex Ferguson di MU, sebelumnya membantu Afrika Selatan (2002), Portugal (2010), dan Iran (2014) mengikuti pesta sepak bola paling megah di muka bumi.

"Hanya ada satu orang yang melakukannya. Namun Walter Winterbottom hanya melatih satu tim yakni Inggris," kata Quieroz, dikutif TSF.

Iran mengikuti jejak Brasil yang lolos dari Amerika Selatan dan tuan rumah Rusia. Mereka merebut satu jatah dari Grup A zona Asia seusai mengalahkan Uzbekistan 2-0 di Azadi Stadium, Selasa (13/6/2017) dinihari WIB. Gol kemenangan dicetak Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi.

Ashkan Dejagah dan kawan-kawan mengoleksi 20 angka dari delapan pertandingan. Mereka tidak mungkin terkejar Uzbekistan yang memiliki 12 poin. Uzbekistan nanti akan memperebutkan satu tiket otomatis tersisa dengan Korea Selatan.

"Kualifikasi ini tidak mudah. Sekarang kami harus mulai mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia 2018," ujar Quieroz, yang juga sempat melatih Real Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.