Sukses

Prediksi Indonesia Vs Puerto Rico: Ujian Sesungguhnya Luis Milla

Luis Milla ditantang untuk membawa Timnas Indonesia menang lawan Puerto Rico

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menghadapi ujian sesungguhnya dalam laga uji coba. Pasukan Luis Milla ini akan melawan Puerto Rico yang secara peringkat jauh di atas Timnas Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Selasa, (13/6).

Selama melatih timnas, Milla sebenarnya sudah melakoni dua laga uji coba internasional. Catatannya kalah 1-3 dari Myanmar dan menang 2-0 kontra Kamboja beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, hasil itu kurang bagus buatnya. Puerto Rico bisa jadi ajang uji coba tepat untuk mengukur kualitas timnas U-22 Indonesia yang kini dibantu lima pemain senior yang sudah dipanggil Luis Milla.

Apalagi, pekan depan Garuda Muda sudah bakal menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 di Thailand. Laga ini bisa jadi batu pijakan buat mereka.

"Kami akan menghadapi Puerto Rico setelah sebelumnya menghadapi Kamboja. Ini adalah pertandingan yang bertujuan untuk melihat sejauh apa perkembangan tim. Kenapa penting untuk fokus kepada perkembangan tim ini, karena bulan depan kami sudah menjalani kualifikasi Piala Asia," ungkap Luis Milla sebelum laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Pengalaman

Pada sisi lain, Puerto Rico yang berperingkat 133 FIFA datang dengan misi cari pengalaman. Ini adalah laga kedua mereka di Asia, setelah takluk dari India September tahun lalu.

Pasukan Carlos Cantarero ini mengakui ingin ambil pelajaran dari timnas Indonesia. Sebab, tim asuhannya memang tak menjalani turnamen dalam waktu dekat ini.

Terlebih, mereka melempem dalam lima laga internasional terakhirnya. Tercatat, kelimanya diraih dengan kekalahan, dua di antaranya takluk di Piala Karibia.

"Yang kami cari di laga nanti adalah melanjutkan perkembangan kami sebagai sebuah tim nasional. Memang kami tidak punya jadwal turnamen yang dekat seperti timnas Indonesia," ungkap Cantarero sebelum laga.

3 dari 3 halaman

Fakta Pertandingan


- Ini adalah kali pertama kedua tim bertemu di laga internasional. Laga nanti bisa jadi sejarah bagi kedua negara.

- Puerto Rico punya peringkat lebih baik, yakni 133 FIFA. Sedang, Indonesia masih ada di urutan ke-177.

- Indonesia bakal diperkuat oleh Stefano Lilipaly. Sebelumnya, pemain naturalisasi itu izin tak memperkuat lawan Kamboja karena menunggu istrinya melahirkan.

- Puerto Rico juga baru dua kali ke Asia. Sebelumnya, mereka takluk 1-4 kala bertandang ke Mumbai, India, 3 September 2016.

Head to head: Kedua tim belum bertemu sebelumnya.

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia


08/06/17 Kamboja 0 – 2 Indonesia
21/03/17 Indonesia 1 – 3 Myanmar
17/12/16 Thailand 2 – 0 Indonesia
14/12/16 Indonesia 2 – 1 Thailand
07/12/16 Vietnam 2 – 2 Indonesia

Lima Pertandingan Terakhir Puerto Rico

12/10/16 Puerto Rico 2 – 4 E Curaçao
09/10/16 Antigua and Barbuda 2 – 0 Puerto Rico
03/09/16 India 4 – 1 Puerto Rico
31/08/16 Puerto Rico 0 – 1 Dominican Republic
29/08/16 Dominican Republic 5 – 0 Puerto Rico

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Kurnia Meiga: Ricky Fajrin, Fachruddin Aryadi, Bagas Adi Nugroho, Rezaldi Hehanusa; Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Gian Zola; Yabes Roni, Irfan Bachdim, Febri Haryadi.

Puerto Rico (4-4-2): Johnny Santana; Alexis Rivera, Elliot Vélez, Juan Vélez, Jacob Conde;  Andres Cabrero, Juan Coca, Emmanuel D’Andrea, Marcos Martinez; Emanuel Sanchez, Mike Ramos

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.