Sukses

Marquez Beberkan Penyebab Jatuh di Catalunya

Marquez berkata bahwa peningkatan suhu aspal di Catalunya menyebabkan masalah pada bagian ban

Liputan6.com, Barcelona - Fisik dan energi Marc Marquez benar-benar diuji selama menjalani sesi latihan bebas hingga kualifikasi jelang balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (11/6/2017) malam WIB. Betapa tidak, juara dunia tiga kali MotoGP itu tercatat empat kali terjatuh dari RC213V pada Sabtu (10/6) kemarin.

Nasib sial yang menimpa Marquez menyebabkan pembalap itu, Honda harus puas menjalani balapan dari posisi keempat setelah hanya mampu mengumpulkan waktu 1 menit 44.320 detik atau selisih 0.450 dari rekan setimnya Dani Pedrosa yang memulai balapan dari posisi terdepan di Sirkuit Catalunya.

Semua penikmat balap kuda besi tentu bertanya apa penyebab Marquez rajin mengenal aspal Sirkuit Catalunya sampai sering terjatuh dari tunggangannya. Pasca kualifikasi, dia menjelaskan mengapa dirinya sampai empat kali jatuh dari RC213V.

Marquez berkata bahwa peningkatan suhu aspal di Catalunya menyebabkan masalah pada bagian ban depan motor. Ditambah, The Baby Alien tampil terlalu agresif dan aspal kurang mendukung laju kecepatannya. Itulah kesalahan terbesarnya sehingga dia terpaksa memulai balapan dari posisi keempat.

"Kami memulai hari dengan baik, saya merasa sangat nyaman di FP3, tapi kemudian saya jatuh Di FP4 dan semuanya diikuti dari itu Kami mampu mempersiapkan motor untuk sesi kualifikasi, tapi perasaannya tidak persis sama. Ketika suhu menjadi sangat tinggi, ban depan sulit dikendalikan. Tapi saya berada di balapan kandang, jadi saya hanya memberikan semuanya dan mencoba 100%," jelas Marquez seperti dikutip dari laman resmi MotoGP.

"Meskipun saya terjatuh, namun pada akhirnya kami memulai dari posisi keempat, apa yang buruk? Saya pikir jika saya bisa tetap tenang dan naik dengan lebih baik, maka situasinya akan berbeda. Saya berharap bisa memperjuangkan podium pada balapan di Catalunya," pungkas Marquez.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.