Liga 1: Lanjutkan Tren Positif, Persija Bungkam PS TNI

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 08 Jun 2017, 22:40 WIB
Bruno Lopes

Liputan6.com, Bogor - Hasil positif kembali didapat Persija Jakarta di Liga 1 2017. Menantang PS TNI pada pekan ke-10 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (8/6/2017) malam, tim Macan Kemayoran menang dua gol tanpa balas.

Kemenangan itu pun membawa perubahan pada posisi Persija di klasemen Liga 1. Kini anak asuh Stefano Tecco itu naik ke posisi ke-14. Mereka mengoleksi 12 poin dari sepuluh laga, unggul satu angka atas Semen Padang FC yang bermain melawan PSM Makassar dengan jarak 30 menit setelah kick off laga Persija.

Di awal laga, PS TNI memang yang lebih dulu mendominasi permainan. Tapi kondisi itu tak bertahan lama. Memasuki menit ke-20, Persija sudah mulai lepas dari tekanan PS TNI. Bahkan mereka mengancam gawang PS TNI kawalan Teguh Amiruddin lewat pergerakan Ambrizal Umanailo.

Persija pun langsung memecahkan kebuntuan di menit ke-25. Itu berkat sepakan bebas Bruno Lopes yang dilepaskan ke sisi gawang PS TNI. Itu adalah gol ketiga yang dicetak Bruno di Liga 1.

Serangan balik Persija di menit ke-30 juga sempat membahayakan gawang PS TNI. Sayang, umpan yang diberikan Maman Abdurahman belum mengarah tepat kepada Bambang Pamungkas. Tekanan yang diberikan Persija sampai membuat pelatih PS TNI Ivan Kolev melakukan pergantian di menit ke-36.

Namun masuknya Erwin Ramdani menggantikan Steven Anderson Imbiri tak memberikan perubahan signifikan. Keunggulan 1-0 Persija pun bertahan hingga pertandingan babak pertama berakhir.

1 of 2

Babak Kedua

Di awal babak kedua, PS TNI memainkan Wawan Febrianto dan Roni Sugeng untuk menambah intensitas serangan. Sedangkan Persija memainkan Ramdani Lestaluhu di menit ke-55 menggantikan Irfandi Zein Al Zubeidy.

Keputusan Teco terbukti jitu. Ya, Ramdani sukses menambah keunggulan tim tamu di menit ke-64. Unggul 2-0 tak membuat Persija puas. Teco pun memainkan Luis Junior menggantikan Bepe.

PS TNI sempat memiliki peluang untuk memperkecil kedudukan. Wasit Fariq Hitaba menunjuk titik putih setelah Ryuji Utomo dianggap melakukan handball. Tapi keputusan itu dianulir setelah melihat tayangan ulang.

Hingga laga berakhir, keunggulan 2-0 Persija tetap bertahan. Bagi PS TNI, kekalahan dari Persija membuat mereka gagal merangsek ke posisi ketiga klasemen. Mereka justru merosot ke urutan kedelapan dengan raihan 15 poin.

Susunan Pemain:

PS TNI: Teguh Amiruddin; Muhammad Abduh Lestaluhu, Ganjar Mukti, Manahati Lestusen, Yus Arfandi, Agil Munawar, Hong Soon Hak, Guntur Triaji, Gustur Cahyo Putro, Steven Imbiri, Bruno Martins

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ryuji Utomo, William Pacheco, Maman Abdurahman, Ismed Sofyan, Sandi Darma Sute, Sutanto Tan, Irfandi Zein Al-Zubeidy, Ambrizal Umanailo, Bambang Pamungkas, Bruno Lopes

Lanjutkan Membaca ↓