Sukses

MotoGP: Takut Jatuh Jadi Alasan Marquez Main Aman

Marquez kini terpaut 37 poin dari puncak klasemen MotoGP.

Liputan6.com, Scarperia - Marc Marquez gagal bertarung dalam perebutan podium MotoGP Italia 2017 di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017). Pembalap Repsol Honda itu hanya bisa mengakhiri balapan dengan duduk di urutan keenam. Tapi bagi Marquez itu adalah hasil yang memuaskan.

Sejatinya, Marquez memiliki tuntutan meraih poin penuh pada MotoGP Italia. Itu karena ia sudah dua kali menderita kerugian besar ketika gagal finis pada MotoGP Argentina dan Prancis. Dua hasil buruk itu yang membuat The Baby Alien sedikit terlempar dari perburuan gelar.

Marquez sendiri sejatinya memiliki peluang besar merebut podium. Pembalap berusia 24 tahun itu memulai balapan dari grid kedua. Ia pun sempat bertarung dengan Valentino Rossi dalam perebutan posisi ketiga. Sayang, ketika balapan sudah berjalan hampir separuh, kecepatannya justru menurun.

Namun itu bukan karena ada masalah mesin yang harus dihadapi pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut. Ternyata ia sengaja bersikap seperti itu karena khawatir kembali terjatuh. Pasalnya, ia merasa hampir terjatuh saat melewati beberapa tikungan.

"Hari ini saya memulai dengan cukup baik, mencoba menjadi agresif dan kompetitif. Tapi ketika saya berada di tengah persaingan, saya melihat ada banyak risiko di tikungan. Dua motor menyalip saya langsung pada saat bersamaan," kata Marquez, dilansir Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tatap Barcelona

Berkat hasil itu, posisi Marquez di klasemen MotoGP pun kembali merosot satu tingkat. Ia kini duduk di urutan keempat klasemen dengan raihan 68 poin, terpaut 37 poin dari Maverick Vinales yang memuncaki klasemen pembalap.

"Saya sempat memikirkan kemenangan, tapi saya mulai menderita dengan ban depan. Ada banyak kekhawatiran, ini akhir pekan yang sulit dan itu biasa terjadi saat Anda berada di batas. Saya menemukan kembali perasaan bagus dengan bagian depan dan ban yang lebih keras, tapi hanya bertahan 11 lap," tutur Marquez.

Selanjutnya, Marquez punya kesempatan untuk bangkit dan kembali ke jalur kemenangan. Itu karena ia akan beraksi di kampung halamannya ketika melakoni MotoGP Catalunya di Sirkuit Montmelo, Minggu (11/6/2017). "Ini akan menjadi balapan yang penting dan saya siap berjuang untuk menang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.