Sukses

3 Gelar Ini Bakal Kukuhkan Real Madrid Tim Terbaik Dunia

Real Madrid berpeluang besar menjadi pemegang lima trofi sebelum Natal.

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid sukses menjuarai Liga Champions 2016/2017 usai menang atas Juventus  4-1 di partai final, Minggu (4/6/2017) dinihari WIB. Inilah gelar ke-12 Real Madrid sepanjang sejarah Piala Champions dan Liga Champions.

Kemenangan ini sekaligus menjadi sejarah bagi Real Madrid, karena mereka menjadi tim pertama dalam sejarah yang mampu mempertahankan gelar Liga Champion selama dua musim.

Sebelumnya, Madrid berhasil memastikan gelar juara La Liga musim 2016/2017 usai mengalahkan Malaga di Estadio La Rosaleda. Hal ini sekaligus menambah koleksi gelar ke-33 mereka sepanjang sejarah klub berdiri.

Ronaldo dan kawan-kawan jadi juara setelah mengakhiri musim ini dengan torehan nilai 93. Angka tersebut tak mampu dikejar Barcelona yang menutup laga dengan nilai 90.

Bagi Real Madrid, inilah kali pertama mereka meraih gelar ganda, La Liga dan Liga Champions. Kali terakhir mereka melakukannya pada 1957-1958.

Usai memenangkan Liga Champions dan La Liga, Real Madrid berpeluang besar menjadi pemegang lima trofi sebelum Natal. Itu artinya ada 3 trofi lagi yang akan dikejar Madrid sebelum akhir tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala Super Spanyol

Tim asuhan Zinedine Zidane akan bertarung lagi dengan rival abadinya Barcelona di Piala Super Spanyol. Duel El Clasico mempertemukan Barca yang berstatus sebagai juara Copa del Rey, dan Madrid pemegang  juara Liga Spanyol.

Kedua tim akan saling bertarung dalam format dua leg pada partai pembukaan musim depan.

Barcelona sebagai juara Copa del Rey, akan menjalani leg pertama di kandang sendiri, Camp Nou. Setelah itu, Real Madrid menjamu mereka di Santiago Bernabeu.

Meski Barcelona dan Madrid sama-sama dominan di kompetisi Spanyol, faktanya ini adalah pertemuan pertama mereka sejak Piala Super Spanyol 2013.

Menariknya lagi,  Piala Super Spanyol 2017 adalah kesempatan pertama bagi Zinedine Zidane untuk mendapatkan gelar tersebut. Sementara bagi Barcelona, ajang ini juga menjadi kesempatan perdana bagi pelatih baru, Ernesto Valverde untuk menorehkan kuku prestasi di klub Catalan.

3 dari 4 halaman

Piala Super Eropa

Madrid akan bertanding lagi untuk memastikan jadi klub terbaik di Eropa. Ronaldo dan kawan-kawan akan berlaga di Piala Super Eropa.

Di laga tersebut, Madrid akan menghadapi MU. Madrid yang berstatus juara Liga Champions, menghadapi The Red Devils yang keluar sebagai kampiun Liga Europa.

Pertandingan Piala Super Eropa antara Madrid vs MU akan berlangsung di Phillip II Arena, Skopje, Macedonia, 8 Agustus mendatang.

Bagi Jose Mourinho ini akan jadi laga melawan mantan timnya dengan trofi yang dipertaruhkan untuk pertama kalinya sejak meninggalkan Estadio Santiago Bernabeu pada 2013.

4 dari 4 halaman

Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub adalah sebuah kompetisi resmi yang diadakan FIFA untuk mempertemukan juara kejuaraan utama antara klub-klub sepak bola di masing-masing benua.

Masing-masing juara dari masing-masing benua akan bertanding dengan juara Amerika Selatan dan Eropa akan mulai bermain di semifinal dan peserta dari Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Karibia, serta Oseania akan bertanding untuk mendapatkan jatah semifinal.

Negara Asia kembali menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia Antar Klub. Usai Jepang sukses menggelarnya pada tahun ini, maka Uni Emirat Arab akan menjadi tuan rumah pada edisi berikutnya.

Seremoni perpindahan tuan rumah ini dilakukan tepat sebelum kick-off antara Real Madrid menghadapi Kashima Antlers di partai puncak Piala Dunia Antar Klub 2016.

Dan, Madrid yang baru mengukuhkan diri sebagai juara Liga Champions, akan ditantang tim-tim tangguh dari benua lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.