Sukses

Ronaldo Bantah Sembunyikan Pemasukan Demi Hindari Pajak

Cristiano Ronaldo diduga telah menyembunyikan sebagian pemasukan dari hak citra diri.

Liputan6.com, Madrid- Ketenangan Cristiano Ronaldo tengah terusik. Pemain Real Madrid tersebut dituding telah melakukan penggelapan pajak yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah. 

Skandal bermula dari laporan Football Leaks, Desember lalu. Mereka menyampaikan kepada El Mundo, kalau Ronaldo merupakan satu dari sederet pemain yang mengemplang pajak dari pendapatan hak citra diri. Menurut Fotball Leaks, CR7 menyembunyikannya di rekening yang dibuat di pulau bebas pajak, Virgin Island. 

Media lain juga menyebutkan, bahwa Ronaldo telah menyewa jasa perusahaan asal Irlandia, Multisports & Image Management (MIM), untuk mengakali pembukuannya. Mereka bertugas mengurangi angka pajak yang seharusnya dibayar CR7 atas pemasukan yang didapat dari Nike, Unilever, dan Kentucky Fried Chicken (KFC). 

Pejabat pajak kemudian melakukan penelusuran. Seperti dilansir sejumlah media-media Spanyol, mereka juga menemukan keanehan dalam laporan pendapatan Ronaldo. 

Pada 2014 lalu, Ronaldo telah membayar pajak sebesar €5.6 juta. Namun menurut petugas pajak, angka tersebut lebih kecil dari kewajiban Ronaldo sebesar 15 juta euro.  

Kasus ini bahkan sudah diajukan ke jaksa. Namun pihak kejaksaan masih memberikan waktu hingga akhir Juni untuk mencari bukti pendukung ke persidangan.  Bila terbukti bersalah, Ronaldo terancam hukuman denda hingga penjara 15 bulan sampai 10 tahun. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ronaldo Bantah

Mendengar ini, Ronaldo dan pengacaranya kaget. Kepada seorang sumber Marca yang dekat dengan sang pemain, Ronaldo mengaku tidak menyembunyikan apapun. Bahkan dia secara sukarela melaporkan nilai pajak yang lebih besar dari seharusnya.  

Sebelumnya, agen CR7, GestiFute juga membantah semua tuduhan itu. "Tuduhan tak berdasar berdasarkan informasi curian. Cristiano Ronaldo dan juga Jose Mourinho tidak pernah bermasalah dengan pajak karena urusan keuangan mereka benar."   

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.