Sukses

MotoGP: Start Posisi 5, Marquez Sebut Vinales dan Rossi Beruntung

Hasil yang didapat Vinales dan Rossi pada kualifikasi MotoGP Prancis cukup mengejutkan.

Liputan6.com, Le Mans - Marc Marquez mendapatkan kesialan kala menjalani kualifikasi MotoGP Prancis 2017 di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Sabtu (20/5/2017). Sempat tergelincir, The Baby Alien pun akan memulai balapan dari urutan kelima.

Padahal, Marquez memiliki kecepatan yang cukup bagus sejak latihan bebas pertama MotoGP Prancis. Catatan waktunya menjadi yang tercepat kedua pada dua sesi pertama latihan bebas. Ia juga memiliki bekal bagus untuk kualifikasi pada latihan bebas ketiga.

Sayang, keberuntungan sedang tidak menaungi pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut. Meski mampu melanjutkan sesi kualifikasi, terbukti ia kehilangan waktu untuk meningkatkan kecepatan. Pada akhirnya, ia harus mengakui keunggulan dua pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

"Para pembalap Yamaha beruntung karena telah menjalani tes di sini dua pekan lalu. Itu membuat mereka hanya butuh waktu singkat untuk beradaptasi. Sekarang kami harus bekerja keras untuk menemukan keseimbangan yang tepat agar bisa lebih dekat dengan mereka," jelas Marquez, dilansir Tuttomotoriweb.

Ya, hasil yang didapat Vinales dan Rossi pada kualifikasi MotoGP Prancis cukup mengejutkan. Setelah berjuang keras pada latihan bebas, keduanya justru mengamankan dua posisi terdepan start. Vinales merebut pole position dengan keunggulan 0,106 detik atas Rossi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluhan Ban

Sebaliknya, Marquez yang melaju kencang sejak latihan bebas pertama justru mendapatkan hasil kurang memuaskan. Ia juga menyebut ban sebagai salah satu alasan yang membuatnya tak mampu mendapatkan posisi bagus pada kualifikasi.

"Ban depan hampir sama untuk semua, di belakang ada pilihan berbeda. Suhu saat balapan akan tinggi. Kami akan melihat apa yang terjadi. Saya harus mencari tahu dan menemukan komposisi terbaik. Pemanasan akan berguna agar lebih memahami kecepatan motor,"

"Pada akhirnya, saya hanya manusia dan saya butuh beberapa lap untuk mengikuti irama," ia menambahkan.

Jika mampu menciptakan kejutan dan mendapatkan hasil lebih baik dari dua pembalap utama Yamaha, bukan tak mungkin Marquez bakal memuncaki klasemen MotoGP 2017. Pasalnya, pembalap berusia 24 tahun itu kini hanya terpaut empat poin dari Rossi dan dua poin dari Marquez.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi: 62
2. Maverick Vinales: 60
3. Marc Marquez: 58
4. Dani Pedrosa: 52
5. Andrea Dovizioso: 41
6. Johann Zarco: 35
7. Cal Crutchlow: 29
8. Jonas Folger: 29
9. Jorge Lorenzo: 28
10. Danilo Petrucci: 26
11. Scott Reddng: 26
12. Jack Miller: 21
13. Aleix Espargaro: 17
14. Alvaro Bautista: 14
15. Loris Baz: 12
16. Hector Barbera: 12
17. Andrea Iannone: 9
18. Karel Abraham: 9
19. Tito Rabat: 8
20. Alex Rins: 7
21. Bradley Smith: 3
22. Pol Espargaro: 2
23. Sam Lowes: 0
24. Takuya Tsuda: 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.