Sukses

Ini Wasit Perempuan Pertama di Bundesliga

Adalah Bibiana Steinhaus, seorang wasit professional yang dipercaya akan memimpin beberapa pertandingan di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Musim depan ada pemandangan berbeda di sepak bola Jerman. Sebab, akan ada wasit perempuan yang memimpin beberapa pertandingan di Bundesliga.

Adalah Bibiana Steinhaus, seorang wasit professional yang dipercaya akan memimpin beberapa pertandingan di sana. Wasit perempuan yang juga kekasih dari mantan wasit Liga Inggris Howard Webb itu, secara resmi akan menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin jalannya pertandingan Bundesliga.

“Kepala Bundesliga telah mengonfirmasi Bibiana Steinhaus akan menjadi wasit wanita pertama di negara ini (Jerman),” demikian keterangan yang dimuat The Sun.

Bibiana Steinhaus sendiri sejatinya bukan sosok asing dalam dunia sepak bola. Sebelumnya, pada 2012 lalu, perempuan yang juga seorang polwan itu diketahui pernah memimpin pertandingan sepak bola wanita antara Jepang melawan Amerika di Olimpiade. Selain level internasional, dia juga diketahui menjadi salah satu wasit yang memimpin pertandingan di beberapa kompetisi di bawah liga utama.

“Ketika Lutz Michael Frohlich (kepala wasit Jerman) memberi tahu saya, saya hanya terdiam. Saya merasa tidak percaya, gembira, bahagia, lega, penasaran,” kata Bibiana kepada situs resmi DFB.

Diakui dia, menjadi bagian dari pemimpin pertandingan di kasta tertinggi, merupakan impian terbesarnya. Namun demikian, dengan keluarnya keputusan itu, dia menegaskan bukan berarti perjuangannya sudah selesai.

“Ini selalu menjadi mimpi saya untuk menjadi wasit Bundesliga  Mimpi ini akan terwujud, secara alami saya akan menjalaninya dengan sukacita,” jelasnya.

“Di satu sisi itu adalah konfirmasi kerja keras saya. Dan sebaliknya, ini adalah dorongan besar untuk terus bekerja keras,” lanjut Bibiana.

Sementara itu, melihat latar belakangnya, Bibiana dan Webb memiliki kesamaan dalam hal profesi. Webb, sebelum menjadi wasit professional, diketahui tercatat sebagai anggota polisi. Webb sendiri saat ini sudah pensiun.

(Inov Nastora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.