Sukses

30 Pelamar Sekjen PSSI Bakal Ikuti Psikotes

Akan ada beberapa proses yang dijalani para pelamar posisi Sekjen PSSI.

Liputan6.com, Jakarta - Proses yang dilakukan PSSI untuk menemukan sosok tepat guna mengisi posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) masih berjalan. Setelah lowongan dibuka sejak 9 Mei 2017, sudah ada 30 nama yang terdaftar sebagai pelamar.

Sejak 10 April 2017, PSSI memang tak memiliki Sekjen yang permanen. Itu karena Ade Welington memutuskan untuk mengundurkan diri. Untuk mengisi kekosongan, Joko Driyono yang sejatinya Wakil Ketua Umum PSSI pun menjadi Plt Sekjen PSSI.

Meski pria yang akrab disapa Jodri itu sudah berpengalaman sebagai Sekjen, PSSI tetap ingin mencari satu nama yang bisa menggantikan Ade. Itu mengapa mereka menggelar lowongan secara terbuka untuk siapa saja yang merasa layak dan pantas menjadi Sekjen PSSI.

Hingga 20 Mei 2017, sudah ada 30 nama yang tercatat sebagai pelamar. Nantinya, ke-30 pelamar tersebut akan mengikuti psikotes yang dihelat di Kantor PSSI, Gran Rubina, Jakarta, Senin (22/5/2017) pukul 08:00 WIB.

Nantinya, materi psikotes akan diberikan Dinas Psikologi Angkatan Darat dan yang lolos tes tersebut akan diumumkan pada Selasa (23/5/2016). Siapa saja yang lolos akan menjalani tes kesehatan. Lalu, seluruh kandidat yang lolos juga akan mengikuti tes kompetensi dengan dua uji materi, Rabu (24/5/2017).

Materi pertama adalah simulasi Leaderless Group Discussion yang akan disampaikan Dinas Psikologi Angkatan Darat. Sedangkan materi kedua adalah uji kompetensi teknis dengan cara interview yang dilakukan jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Kenapa kami membuka ini? Untuk menyampaikan kepada publik bahwa posisi sekjen PSSI bukan hanya hak prerogatif saya sebagai Ketum PSSI. Saya ingin memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pihak yang berkompeten untuk mengisi posisi ini dan memajukan sepakbola Indonesia bersama-sama," ujar Ketum PSSI Edy Rahmayadi, seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

"Apa kriteria seorang Sekjen PSSI? Pertama tentu ia harus memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang dunia sepak bola. Kedua, ia harus memiliki leadership dan kemampuan manajerial yang cakap. Ketiga, berwawasan internasional karena sekjen harus membina hubungan yang baik dengan AFC dan FIFA," ia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

30 Nama Pelamar

1. Eddy Sofyan
2. Tri Dharma Nur Patria
3. Ratu Tisha
4. Hifni Hasan
5. Ainul Ridha
6. Hendri Zainudin
7. Ahmad Hudaya
8. Supartono
9. Irman Jayawardhana
10. Hasan Basri
11. Alvin Papatria
12. Elim Prastowo
13. Dwi Prasetya Danarjati
14. Carlos Melgares Varon
15. Bukhari Syam
16. Ahmad Ihsan
17. R Erwin Permadi Wiradipoetra
18. Rudolf Paulus Yesayas
19. Zulfa Asma Vikra
20. Elsya Putri Adiyanto
21. Sarman
22. Asmar Y Notosoetadjo
23. Muhammad Zein
24. Muhammad Ade Sulchi
25. Harry Indradjit Soeharjono
26. Soritaon Siregar
27. Alief Syachviar
28. Adrian Bima Putera
29. Rahadian Gema Fabolista
30. Budi Hartanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini