Sukses

Hari Ini, Ezra Walian Disumpah Jadi WNI

Ezra Walian akan diambil sumpah di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM.

Liputan6.com, Jakarta- Pesepak bola berbakat Ezra Walian akan diambil sumpah sebagai WNI (warga negara Indonesia), Kamis (18/5/2017) siang. Menurut informasi dari Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, pemain keturunan Belanda itu akan diambil sumpah di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM. 

Sejak 20 Maret 2017, Ezra sudah bisa memperkuat timnas Indonesia menyusul ditandatanganinya keputusan presiden (keppres) oleh Presiden Joko Widodo. Ezra diberi waktu selama tiga bulan untuk melakukan sumpah menjadi WNI. 

Jika lebih dari tiga bulan tak kunjung mengambil sumpah, maka keppres yang ditandatangani Jokowi tersebut akan batal demi hukum.

"Memperhatikan keputusan pimpinan DPR RI nomor 1/Pimp/IV/20162017 tanggal 16 Maret 2017 tentang pertimbangan DPR RI terhadap kewarganegaraan atas nama Ezra Harm Ruud Walian untuk ditetapkan sebagai warga negara Indonesia ," demikian bunyi Keppres tersebut.

Selanjutnya tertulis, "Mengabulkan permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Ezra Harm Ruud Walian, lahir di Amsterdam, 22 Oktober 1997, untuk menjadi warga negara Indonesia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debut di Timnas Indonesia

Ezra sudah menjalani debut di timnas Indonesia 21 Maret lalu. Ketika itu Ezra dimainkan pelatih Luis Milla pada laga uji coba timnas Indonesia melawan Myanmar.

Pemuda 19 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti. Dia mendapat kehormatan memakai nomor punggung 10. Sayangnya pada laga debut tersebut Ezra gagal mencetak gol. Timnas Indonesia juga dibantai oleh Myanmar 1-3.

Ezra dipersiapkan untuk membela Indonesia di cabang sepak bola putra SEA Games 2017 di Malaysia.

3 dari 3 halaman

Tinggalkan Jong Ajax

Ezra sendiri baru saja memutuskan akan meninggalkan Jong Ajax (klub junior Ajax Amsterdam). Dia tidak akan memperpanjang kontraknya yang habis akhir musim ini.

Setelah memutuskan meninggalkan Ajax, banyak klub Indonesia yang melirik Ezra. Namun belum membuat keputusan klub mana yang akan dibelanya musim depan. Ezra memilih memperkuat klub Eropa ketimbang main di Indonesia.

"Saya tidak tahu kapan akan dapat bermain di klub di sini. Mungkin sekitar lima tahun lagi saya ke sini (bermain di klub Indonesia)," ucap Ezra Walian kepada wartawan di Tangerang, Sabtu (25/3/2017). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung
    Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung

    Ezra Walian

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia