Sukses

Beri Sanksi, PSSI Berhentikan Sementara 8 Wasit Liga 1 dan Liga 2

Selain 8 wasit, PSSI juga berhentikan sementara 10 asisten wasit.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberhentikan sementara 18 orang perangkat pertandingan dari Liga 1 dan Liga 2. 18 perangkat itu terdiri dari delapan wasit dan 10 asisten wasit.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, yang kini juga menjabat pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, keputusan itu diambil setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakan pertemuan. Evaluasi dilakukan pada Liga 1 dan Liga 2 di Kantor PSSI, Senin (15/5/2017).



"Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit. Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan. Tujuannya adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit," ujar Joko, seperti dilansir Antara.

Namun, PSSI enggan memberitahukan secara rinci identitas dan di Liga mana perangkat tersebut bertugas. Joko hanya mengungkapkan bahwa wasit yang diberhentikan sementara paling banyak berasal dari Liga 2, sementara asisten wasit yang disanksi dominan dari Liga 1.

"Sampai hari ini, PSSI sudah menerima 17 protes mengenai wasit dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2," tutur pria asal Ngawi ini.

Terkait pengganti perangkat pertandingan yang diberhentikan sementara itu, Joko mengatakan PSSI akan menugaskan wasit dan asisten wasit yang sudah lulus penyegaran liga.

"Jumlah wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan," terang pria yang pernah menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.