Sukses

Liga Italia: AS Roma Tunda Pesta Juara Juventus

Juventus masih butuh tiga poin lagi untuk mengamankan gelar Liga Italia.

Liputan6.com, Roma - Juventus gagal meraup poin penuh kala bertandang ke markas AS Roma pada pekan ke-36 Liga Italia 2016/2017 di Stadio Olimpico, Senin (15/5/2017) dinihari WIB. Sempat unggul lebih dulu, Juventus malah takluk 1-3 di tangan Roma.

Kekalahan itu pun membuat Juventus harus menunda pesta juara mereka. Saat ini mereka memang masih memimpin puncak klasemen dengan raihan 85 poin. Namun, masih ada kemungkinan bagi AS Roma untuk melampauinya.

Tambahan tiga poin dari laga melawan Juventus membuat Roma mengoleksi 81 poin. Mereka hanya tertinggal empat angka dari Juventus. Untuk menjadi juara, Juventus setidaknya harus mendapatkan tiga poin di dua laga sisa musim ini.

Jalan Pertandingan

Menghadapi Roma, pelatih Massimiliano Allegri melakukan banyak rotasi pemain. Hanya Gonzalo Higuain, Mario Mandzukic, Miralem Pjanic, Leonardo Bonucci, dan Gianluigi Buffon yang merupakan pemain inti dalam daftar starter.

Pemain seperti Paulo Dybala dan Dani Alves justru berada di bangku cadangan. Meski begitu, tim tamu tetap mendominasi di awal laga. Di menit ketujuh, mereka mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan. Terjadi kemelut di kotak penalti Roma, sayang tendangan Kwadwo Asamoah hanya membentur tiang gawang.

Peluang kembali didapat Juventus di menit ke-15 lewat kerja sama Higuain dan Mandzukic. Sialnya, tendangan keras Higuain dari luar kotak penalti masih melebar dari gawang Roma kawalan Wojciech Szczesny.

Semenit kemudian, Roma mendapatkan peluang lewat Daniele De Rossi. Tapi, bola sundulannya masih tak menemui sasaran. Di menit ke-21, justru Juventus yang membuka keunggulan. Menerima umpan Higuain, dengan mudah Mario Lemina menceploskan bola.

Sayang, keunggulan Juventus tak bertahan lama. Di menit ke-25, Roma menyamakan skor. Berawal dari sepak pojok, sundulan Kostas Manolas yang ditepis Buffon menghasilkan bola muntah. Bola liar langsung disambar De Rossi dan menghasilkan gol meski sempat dua kali ditepis Buffon.

Pertarungan sengit terus terjadi sepanjang babak pertama. Dua menit jelang jeda, giliran Radja Nainggolan menciptakan peluang emas buat Mohamed Salah. Sayang, sundulan gol Salah masih bisa digagalkan Buffon. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Daniele De Rossi langsung memungut bola usai mencetak gol penyeimbang buat AS Roma ke gawang Juventus. (Andreas SOLARO / AFP)

Kedua pelatih belum melakukan pergantian pemain usai jeda babak pertama. Roma yang terlihat lebih tenang akhirnya berbalik unggul di menit ke-56. Aksi memukau Stephan El Shaarawy terlihat dalam proses terciptanya gol kedua tuan rumah.

Gol tersebut membuat kepercayaan diri para pemain AS Roma bertambah. Pada akhirnya, mereka sukses menambah keunggulan di menit ke-65. Umpan yang diberikan Salah dimanfaatkan Nainggolan untuk menjebol gawang Buffon.

Untuk menambah kualitas serangan, Allegri pun memainkan Dybala di menit ke-69 untuk menggantikan Stefano Sturaro. Lima menit kemudian, Dybala langsung mendapat peluang. Umpan silang yang dilepaskan Mandzukic sukses disambut Dybala lewat sundulan. Tapi bola masih tak menemui sasaran.

Di sisa waktu, Juventus memang mendapatkan beberapa peluang. Tapi, keberuntungan masih tak menaungi mereka. Keunggulan 3-1 Roma pun bertahan hingga wasit Luca Banti meniup peluit tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain:

AS Roma: Szczesny; Fazio, Manolas, Emerson, Rudiger, De Rossi, Nainggolan (Juan Jesus 78), Perotti (Grenier 70), Salah (Totti 90+3), Paredes, El Shaarawy

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Alves 74), Bonucci, Benatia, Pjanic, Asamoah, Lemina, Sturaro (Dybala 69), Higuain, Mandzukic, Cuadrado (Marchisio 77)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia

    AS Roma

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

Video Terkini