Sukses

Pesilat Indonesia Gondol 5 Medali di Belgia Open 2017

Pesilat Jatim bisa membuktikan bahwa mereka layak membela Kontingen Indonesia di ajang SEA Games.

Liputan6.com, Surabaya - Pesilat Jatim berhasil menyumbangkan lima medali bagi Tim Indonesia saat berlaga di Belgia Open 2017. Atas pencapaian ini, kini mereka mulai mengejar target utama, yakni meraih emas di SEA Games Malaysia.

Di ajang internasional itu, dua medali emas berhasil direbut Rudi Susanto dan Sarah Tria Monita. Kemudian satu perak diraih Eko Febrianto. Dua perunggu disumbangkan oleh Amri Rusdana dan Aji Bangkit Pamunkas.

Ketua Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jatim, Drs Supratomo, MSi mengaku bangga dengan prestasi para atlet. Mereka bisa membuktikan kalau hingga saat ini masih terbaik dan layak membela Kontingen Indonesia di ajang SEA Games.

"Alhamdulillah pesilat Jatim meraih juara di Belgia dan saya berharap prestasi itu berlanjut di SEA Games Malaysia," katanya, Sabtu (13/5/2017).

Prestasi cemerlang ditunjukkan Sarah Tri Monita. Pesilat berhijab itu sebelumnya meraih medali perak di PON Jabar 2016 setelah di babak final kalah dari pesilat tuan rumah Wewey Wita.

Namun saat berlaga di kejuaraan dunia 2016 yang digelar di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali Bulan Desember 2016, Sarah berhasil merebut juara setelah menaklukkan pesilat Vietnam, Hoang Thi Loan dengan skor telak 5-0.

Kemudian prestasi Sarah berlanjut dengan meraih emas di Belgia. "Prestasi Sarah mengalami peningkatan, saya berharap ini bisa menjadi pelecut atlet Jatim untuk meraih prestasi di level internasional," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, prestasi para atlet itu tidak lepas dari hasil program IPSI Jatim yang selama ini terus menggelar kejuaraan, seperti Piala Gubernur Jatim maupun event lainnya.

"Itulah mengapa kami akan terus menggelar kejuaraan secara rutin untuk menggali bibit atlet potensial," kata Supratomo yang juga menjabat sebagai Kepala Dispora Jatim itu.

Sementara itu, salah satu pelatih pencak silat Jatim, Edy Suhartono mengaku puas dengan prestasi para atlet. Ia berharap mereka bisa kembali mengibarkan bendera merah putih saat berlaga di SEA Games Malaysia.

Menurutnya peluang atlet Jatim meraih emas di ajang multieven paling bergengsi di Asia Tenggara itu cukup terbuka. "KIta berharap pesilat Jatim menyumbang emas di ajang SEA Games nanti," pungkasnya. (Dimas Angga P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini