Sukses

5 Fakta MU ke Final Liga Europa: Sejarah Baru Setan Merah

MU lolos ke final Liga Europa setelah menyingkirkan Celta Vigo.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) lolos ke final Liga Europa. Setan Merah --sebutan MU-- menyingkirkan wakil Spanyol, Celta Vigo.

Bermain di Old Trafford Stadium, Kamis (11/5/2017) atau Jumat dinihari WIB, MU ditahan 1-1 oleh Celta Vigo. Setan Merah sempat unggul terlebih dahulu melalui Marouane Fellaini pada menit ke-16.

Celta Vigo berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Facundo Roncaglia di menit ke-85. MU lolos setelah menang agregat 2-1.

Sepanjang pertandingan di leg kedua semifinal Liga Europa, Setan Merah lebih banyak bertahan. Mereka hanya menguasai ball possession sebesar 38 persen.

Wayne Rooney dan kawan-kawan tercatat hanya melepaskan enam tembakan. Hanya tiga tembakan yang mengancam gawang Celta Vigo.

Kemenangan ini menjadi sejarah baru untuk MU. Ada lima fakta menarik mengenai kesuksesan Setan Merah melaju ke parti final. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta MU ke Final Liga Europa

1. Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, MU berhasil menembus partai final Liga Europa.

2. Setan Merah sudah tujuh kali tampil di final turnamen Eropa. Kali terakhir mereka lakukan di ajang Liga Champions 2010/11.

Gelandang Manchester United Marouane Fellaini (kanan) merayakan gol ke gawang Celta Vigo pada leg kedua semifinal Liga Europa di Old Trafford, Kamis (11/5/2017). (AFP/Miguel Riopa)

3. Eric Bailly merupakan pemain satu-satunya yang tampil di semifinal Liga Europa dalam dua musim terakhir. Sayang, dia bakal absen di partai final karena mendapat kartu merah.

4. Striker MU, Marcus Rashford terlibat dalam empat gol terakhir MU di Liga Europa. Dia mencetak dua gol dan menyumbang dua assists.

5. Pemain termahal dunia, Paul Pogba hanya melakukan 59 sentuhan saat melawan Celta Vigo. Dia kalah dari bek lawan, Roncaglia yang melakukan 70 sentuhan dengan bola.

	Gelandang MU, Paul Pogba (kiri) berusaha mengiring bola dari kawalan bek Celta Vigo, Jonny Otto pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa di stadion Balaidos, Spanyol (5/5). MU menang 1-0 atas Celta Vigo. (AP Photo/Lalo R. Villar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United