Sukses

Dihajar Lyon, Ajax Jumpa MU di Final Liga Europa

Ajax tetap sukses melenggang ke final Liga Europa meski dikalahkan Lyon.

Liputan6.com, Jakarta Ajax Amsterdam harus melalui pertandingan yang menegangkan untuk memastikan satu tiket ke final Liga Europa 2017. Meski kalah 1-3 dari Olympique Lyon pada leg kedua semifinal Liga Europa di Parc Olympique, Jumat (12/5/2017), Ajax tetap lolos dengan agregat 5-4.

Ini berkat kemenangan 4-1 Ajax di leg pertama yang berlangsung pekan lalu. Dengan kemenangan ini, Ajax bakal jumpa melawan MU pada final Liga Europa di Solna, Swedia 25 Mei mendatang.

Pertandingan berjalan sengit sejak kick off. Lyon yang berambisi untuk kejar ketinggalan gol langsung tancap gas. Namun justru Ajax yang buka peluang di menit ke-13. Meski tembakan Dolberg dan Traore bisa dihalau.

Fans Ajax bersorak saat Kaspel Dolberg cetak gol di menit ke-27. Dia manfaatkan umpan satu dua dengan Amin Younes sehingga membuat skor berubah 1-0. Gol ini juga membuat agregat menjauh menjadi 5-1 untuk Ajax.

Lyon tak menyerah kejar defisit gol. Namun, Lyon baru bisa cetak gol lewat titik penalti di menit ke-45. Penalti diberikan setelah De Ligt jatuhkan Alexandre Lacazette di kotak penalti.

Lacazette sukses membuat skor imbang 1-1 lewat titik penalti. Kebobolan gol membuat Ajax kaget. Lacazette lagi-lagi cetak gol di menit injury time.

Dia manfaatkan umpan silang dari Nabil Fekir yang sukses terobos pertahanan Ajax yang lengah. Skor 2-1 bertahan hingga babak 1 berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak 2

Di babak kedua, Lyon kembali bernafsu cetak gol. Namun peluang yang dimiliki selalu mentah di pertahanan Ajax.

Ajax juga tetap rajin lepaskan serangan lewat Klassen dan Fekir. Meski kerap gagal, Lyon akhirnya bisa buka keunggulan di menit ke-81.

Berawal dari umpan silang Rybus, Rachid Ghezzal sukses manfaatkan umpan lewat sundulan. Skorpun berubah menjadi 3-1.

Tensi pertandingan terus naik usai gol itu. Lyon hanya butuh satu gol lagi untuk memaksakan perpanjangan waktu. Lacazette manfaatkan peluang di menit ke-86 tapi tendangan volinya melambung.

Hingga pertandingan berakhir skor 3-1 tetap bertahan. Lyon gagal ke final Liga Europa.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:



Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes; Rafael, N'Koulou, Diakhaby, Morel/Rybus (74); Tolisso, Gonalons; Cornet, Fekir, Valbuena/Ghezzal (77); Lacazette


Ajax (4-3-3): Onana; Veltman/Tete (65), Sanchez, de Ligt, Vergever; Klaassen, Schone/Van de Beek (59), Ziyech; Traore, Dolberg, Younes/ J Kluivert (82)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.