Sukses

Real Madrid Coba Tebus Kegagalan MU

Real Madrid mencoba jadi tim pertama yang mempertahankan gelar pada era Liga Champions.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid mencoba melakukan apa yang Manchester United (MU) gagal capai, yakni mempertahankan gelar Liga Champions.

Los Blancos menjadi juara kelima yang masuk final Liga Champions secara beruntun. Real Madrid melakukannya dengan menyisihkan Atletico Madrid lewat agregat 4-2 di semifinal.

Namun, empat pendahulu mereka tidak ada yang meraih kemenangan. MU dikalahkan Barcelona 1-3- pada final 2009 seusai berjaya atas Chelsea di partai puncak edisi sebelumnya.

Lawan Real Madrid di Millennium Stadium, Cardiff, Wales, pada 3 Juni mendatang, Juventus, juga merasakannya tahun 1997. Ketika itu mereka dibungkam Borussia Dortmund 1-3. La Vecchia Signora memenangkan Liga Champions 1996 dengan menumbangkan Ajax Amsterdam 1996.

Tahun itu, giliran Ajax yang merasakan nestapa. Sebab, mereka memenangkan titel 1995 dengan menaklukkan AC Milan 1-0. Klub Belanda tersebut merebut gelar dari AC Milan yang menguasai edisi 1994.

"Tidak akan mudah kalahkan Juventus. Mereka kuat dan seimbang di tiap lini," kata pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dilansir Football Italia.

Tim terakhir yang sukses merebut trofi berturut-turut adalah AC Milan pada 1989 dan 1990 ketika kompetisi masih bernama Piala Champions.

Real Madrid merupakan pengoleksi gelar terbanyak dengan menjadi pemenang di 11 kesempatan berbeda, dua di antaranya pada tiga tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Ajax Amsterdam

Video Terkini