Sukses

Jumlah Gol Berkurang, Ronaldo Tetap Jadi Andalan Real Madrid

Savio menilai Ronaldo masih memberikan kontribusi besar buat Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, produktivitas Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid pada 2016/2017 memang menurun. Namun, Savio, mantan pemain Real Madrid, menilai Ronaldo tetap menjadi pemain vital.

Sejak hijrah dari Manchester United (MU) pada musim panas 2009, hanya semusim di mana Ronaldo tak mampu menyumbang 50 gol buat Real Madrid. Sejak 2010/2011, minimal Ronaldo selalu mengemas 51 gol, bahkan pernah mencapai 61 gol pada 2014/2015.

Berbeda dengan musim ini di mana Ronaldo baru mengoleksi 32 gol. Besar kemungkinan ia bakal kesulitan mempertahankan tren 50 golnya mengingat musim sudah mendekati fase akhir. Meski begitu, Savio tak menjadikan hal itu sebagai sebuah masalah.

"Kami terbiasa melihat Cristiano Ronaldo mencetak 40, 50, 60 gol setiap tahun. Ini wajar dan normal dalam sepak bola ada fase naik dan turun. Ronaldo tak berada dalam ritme terbaik musim ini. Tapi jika Anda mengecek jumlahnya, angka tersebut tetap sangat penting," kata Savio yang bermain untuk Real Madrid pada 1998-2003.

Meski ketajamannya berkurang, faktanya Ronaldo masih mampu membawa Real Madrid bersaing dalam dua kompetisi sekaligus. Peluang juara masih terbuka bagi Real Madrid di Liga Spanyol dan Liga Champions.

"Mungkin ini karena kekuatan fisiknya, saya tidak tahu. Tapi sulit mempertahankan performa seperti itu selama lima, enam, tujuh musim. Saya pikir ia masih memiliki banyak yang bisa diberikan untuk sepak bola," tegas Savio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.