Sukses

Deretan Pemain dengan Statistik Terbaik di Liga Spanyol

Ada tiga pemain Barcelona yang memiliki statistik terbaik di Liga Spanyol musim ini.

Liputan6.com, Madrid - Liga Spanyol 2016/2017 tinggal menyisakan tiga pekan. Barcelona dan Real Madrid adalah klub yang masih berpeluang untuk merebut gelar juara. Keduanya sama-sama mengoleksi 81 poin, tapi Real Madrid punya sisa satu laga lebih banyak dari Barcelona.

Namun, Liga Spanyol tak hanya dipanaskan dengan persaingan Barcelona dan Real Madrid. Para pemain juga berlomba-lomba untuk mendaulat dirinya sebagai yang terbaik di musim ini. Tak hanya soal gelar top scorer, banyak kesempatan bagi para pemain untuk menunjukkan bakatnya.

Sportskeeda melansir daftar pemain dengan statistik terbaik di Liga Spanyol musim ini. Barcelona yang berstatus sebagai pemuncak klasemen memang mendominasi. Dari empat kategori, ada tiga pemain Barcelona yang bercokol di urutan teratas.

Berikut adalah daftar pemain dengan statistik terbaik di Liga Spanyol, mulai dari top scorer, top assist, top akurasi umpan, dan top tekel:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Top Scorer

Penyerang Barcelona Lionel Messi (AP Photo)

Tampaknya akan sulit bagi pemain lain untuk menggagalkan Lionel Messi dalam meraih gelar El Pichichi. Pasalnya, satu-satunya pesaing terdekat Messi adalah rekan setimnya sendiri, yakni Luis Suarez. Itu pun Suarez terpaut tujuh gol dari Messi.

Musim ini memang seakan menjadi ajang penebusan Messi atas perfoma mengecewakan di musim lalu. Kala itu, ia hanya bisa mencetak 26 gol. Berbeda dengan musim ini di mana Messi telah mengemas 33 gol dari 31 pertandingan Liga Spanyol.

Nasib Messi berbanding terbalik dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal tersebut baru mengemas 20 gol. Tak heran jika performa Ronaldo di musim ini sempat mendapat kritikan pedas.

Lionel Messi (Barcelona) – 33 gol
Luis Suarez (Barcelona) – 26 gol
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) – 20 gol
Iago Aspas (Celta Vigo) – 17 gol
Antoine Griezmann (Atletico Madrid) – 16 gol
Aritz Aduriz (Athletic Bilbao) – 15 gol
Alvaro Morata (Real Madrid) – 13 gol
Gerard Moreno (Espanyol) – 12 gol
Kevin Gameiro (Atletico Madrid) – 12 gol
Sandro Ramirez (Malaga) – 12 gol

3 dari 5 halaman

Top Assist

Luis Suarez berselebrasi usai menjebol gawang Espanyol dalam laga Liga Spanyol, di Stadion RCDE, Spanyol, Sabtu (29/4). Suarez menyumbang 2 gol dalam laga yang berakhir dengan skor 3-0 tersebut. (AP Photo/ Manu Fernandez)

Untuk kategori ini, lagi-lagi pemain Barcelona yang berdiri di posisi teratas, yakni Suarez. Hal ini menjadi bukti bahwa Suarez tak hanya bisa mencetak gol, tapi juga mampu menjadi "pelayan" buat rekan-rekan setimnya.

Tercatat, sudah 12 poin yang diciptakan pemain asal Uruguay itu di Liga Spanyol musim ini. Namun, posisinya masih bisa digusur dua pemain Real Madrid, yakni Toni Kroos (11 assist) dan Marcelo (9 assist).

Luis Suarez (Barcelona) – 12 assists
Toni Kroos (Real Madrid) – 11 assists
Marcelo (Real Madrid) – 9 assists
Pablo Piatti (Espanyol) – 9 assists
Neymar (Barcelona) – 9 assists
Lionel Messi (Barcelona) – 9 assists
Angel Correa (Atletico Madrid) – 8 assists
Pablo Sarabia (Sevilla) – 8 assists
Mikel Oyarzabal (Real Sociedad) – 7assists
Antoine Girezmann (Atletico Madrid) – 7 assists

4 dari 5 halaman

Top Akurasi Operan

Bek Barcelona Samuel Umtiti (AP PHOTO)

Keputusan Barcelona merekrut Samuel Umtiti dari Olympique Lyon pada musim panas 2016 dengan biaya 25 juta euro sangat tepat. Meski sudah dua kali didera cedera, ia mampu memberikan kontribusi besar saat diberikan kepercayaan.

Bahkan, ia menjadi pemain terbaik di Liga Spanyol jika berbicara soal akurasi operan. Dari semua operan yang dilepaskan, 93 persen di antaranya tepat sasaran. Tak hanya Umtiti, Rafinha juga menorehkan angka yang sama.

Meski hanya dimainkan dalam 18 laga Liga Spanyol, akurasi operannya juga mencapai 93 persen. Di bawah Umtiti dan Rafinha ada duo Real Madrid, yakni Nacho dan Kroos yang sama-sama menorehkan angka 92 persen.

Samuel Umtiti (Barcelona) – 93%
Rafinha (Barcelona) – 93%
Nacho (Real Madrid) – 92%
Toni Kroos (Real Madrid) – 92%
Roque Mesa (Las Palmas) – 91%
Mateo Kovacic (Real Madrid) – 91%
Javier Mascherano (Barcelona) – 91%
Montoro (Las Palmas) – 91%
Bruno Soriano (Villarreal) – 90%
Kranevitter (Sevilla) – 90%

5 dari 5 halaman

Top Tekel Sukses

Gelandang muda Deportivo Alaves, Marcos Llorente (kiri). (CESAR MANSO / AFP)

Deportivo Alaves adalah tim promosi yang tampil secara mengejutkan di musim ini. Hingga pekan ke-35, anak asuh Mauricio Pellegrino itu masih bertahan di urutan ke-10. Sukses itu tak lepas dari kinerja para pemain lini tengah.

Di antara delapan pemain gelandang Alaves, Marcos Llorente yang paling mencuri perhatian. Pemain berusia 22 tahun itu hanya empat kali absen dalam enam laga Alaves di Liga Spanyol musim ini. Sedangkan 29 laga lainnya dilewati Llorente dengan tampil sebagai starter.

Keputusan untuk memberikan kepercayaan lebih kepada Llorente bukan tanpa alasan. Terbukti, Llorente menjadi pemain Alaves yang paling banyak merebut bola dengan tekel suksesnya. Bahkan, catatannya menjadi yang terbaik di Liga Spanyol.

Total, ia sudah melancarkan 80 tekel sukses. Anehnya, di antara 10 besar daftar pengoleksi tekel sukses, tak satu pun nama pemain Real Madrid dan Barcelona yang muncul.

Marcos Llorente (Deportivo Alaves) – 80 tekel
Ignacio Camacho (Malaga) – 79 tekel
Sergio Alvarez (Sporting Gijon) – 78 tekel
Gabi (Atletico Madrid) – 77 tekel
Sanjuro Oier (Osasuna) – 76 tekel
Dani Garcia (Eibar) – 74 tekel
Filipe Luis (Atletico Madrid) – 74 tekel
Petros (Real Betis) – 72 tekel
Roberto Rosales (Malaga) – 71 tekel
Asier Illaramendi (Real Sociedad) – 70 tekel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Samuel Umtiti adalah pesepak bola profesional Perancis yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Perancis.
    Samuel Umtiti adalah pesepak bola profesional Perancis yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Perancis.

    Samuel Umtiti

  • Liga Spanyol

Video Terkini