Sukses

5 Alasan Messi Merupakan Pemain Terbesar Sepanjang Masa

Messi mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali jadi sorotan akhir pekan kemarin. Ia kembali membuktikan kualitasnya dalam laga El Clasico.

Messi mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang atas Real Madrid. Messi pun membuktikan bisa lebih hebat ketimbang rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Torehan dua golnya itu juga mengukir rekor baru atas namanya sendiri. Pemain kelahiran asal Argentina ini mencetak gol ke-500 untuk Barcelona.

Messi sendiri tampaknya belum mau berhenti menancapkan kukunya di lapangan hijau. Terlebih dia juga masih punya utang membawa timnas Argentina meraih trofi.

Tetapi, ada lima alasan lain yang menyebutkan Messi sebagai pemain terbesar sepanjang masa. Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Kemampuan untuk Memberikan Efek di Permainan

Melawan Madrid kemarin menjadi contoh sederhana. Tapi, ada aksi lainnya yang menyebutkan kalau La Pulga punya kemampuan mengubah permainan.

Messi punya peran penting memenangi enam titel La Liga, dan tiga Liga Champions. Rekor Messi juga tercatat dalam statistik.

Bukan cuma Barcelona, Argentina juga merasakan andil Messi.  Bila bertanding dengan Messi Argentina meraih lima kemenangan, satu kalah, mengemas 9 gol dan kemasukan 4 gol di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Tanpa Messi, Argentina cuma menang sekali, kalah tiga, empat imbang, mengemas cuma enam gol, dan kebobolan 10, dalam 8 laga.

3 dari 6 halaman

4. Kerendahan Hatinya

Messi memang dinilai punya kesabaran yang besar. Ia tidak pernah sombong baik di dalam maupun luar lapangan.

Saat melawan Paris Saint-Germain bisa jadi contoh. Kala itu, El barca berhasil mendapat hadiah penalti.

Akan tetapi, La Pulga yang biasanya menjadi algojo menyerahkannya kepada Neymar. Ini memang bukan sebuah hal besar, tapi sangat berarti buat hubungannya terhadap dua duetnya, yakni Neymar dan Luis Suarez.

4 dari 6 halaman

3. Bola Tak Bisa Dilepaskan dari Kakinya

Mungkin menyebut Messi rajanya dribble, tak akan berlebihan. Messi punya skill tersendiri untuk menggiring bola tak jauh dari kakinya.

Messi sendiri punya cara giring bola yang unik. Cara Messi menggiring bola tak bertumpu dengan kecepatan. Aksinya menggiring bola dipenuhi dengan gerakan-gerakan tidak terduga yang membuatnya sangat sulit dihentikan.

Messi ketika membawa bola terus berlari dan berhenti secara tiba-tiba serta berbelok arah. Terdengar sederhana tapi dibutuhkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh yang luar biasa untuk melakukan hal ini.

5 dari 6 halaman

2. Kecerdasan dan Fleksibilitas

Selain punya dribble yang gila, Messi merupakan pemain cerdas dan fleksibel. Nyaris semua posisi pernah dicobanya di lini depan. Tak jarang pula, Messi mengirim bola tak terduga kepada temannya yang kosong dari penjagaan bek lawan.

Ketika Pep Guardiola menaruhnya di sayap kanan dan kemudian memintanya ke tengah, Messi bisa mengatasi itu. Padahal, dia acap dibayangi dua bek tinggi dari lawan.

Saat El Clasico kemarin bisa jadi contoh. Ketika Sergi Roberto menyisir dari belakang, Messi hanya berjalan-jalan saja sehingga tak terdeteksi bek lawan. Namun, ketika dia berlari ke arah bola, dengan kecepatannya yang mengejutkan, tahu-tahu Messi sudah di depan dan menceploskan bola.

6 dari 6 halaman

1. Terus Menciptakan Rekor

Penyihir, bisa dibilang demikian. Itu bisa didefinisikan kepada angka, statistik, atau apapun cara kita memandang Messi.

Ya, pemain yang satu ini mungkin bisa menjadi kenangan di masa depan. Sederet rekor telah ditorehkan pemain jebolan La Masia itu.

Berikut daftar rekor Messi:
Top scorer dalam sejarah Barcelona (500).
Top scorer dalam sejarah La Liga (341)
Top scorer di El Clásico (23)
Top assist dalam sejarah La Liga (136)
Top scorer dalam semusim La Liga (50)
Top scorer di tahun kalender (91)
Penghargaan Pemain Terbaik La Liga (6)
Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina (58)
Pemain pertama yang menjadi top scorer di lima musim kompetisi UEFA Champions League (empat diantaranya berurutan)
Top scorer hattrick di Liga Champions (7)
Sebagian besar gol dicetak dalam pertandingan Liga Champions (5)
Top assist terbaik sepanjang masa di Copa América (11)
Pemain yang bisa mencetak gol secara berurutan melawan semua tim di La Liga: (19 pertandingan, 30 gol di 2012-13)

 

(Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Messi

Video Terkini