Sukses

Arsenal Ketagihan Pakai Tiga Bek

Arsenal raih dua kemenangan beruntun setelah mengganti sistem bermain.

Liputan6.com, London - Arsenal menjadi tim Liga Inggris teranyar yang memainkan tiga bek tengah. Menyusul hasil positif di lapangan, klub London Utara tersebut berpeluang terus menggunakannya.

Mereka menggunakan sistem ini pada dua pertandingan, melawan Middlesbrough di Liga Inggris dan Manchester City pada semifinal Piala FA. Pada dua kesempatan itu, Arsenal selalu berjaya.

"Pola tersebut memberi kami pilihan dalam menerapkan strategi," kata pelatih Arsene Wenger, dikutip Express.

Dengan Arsenal, tercatat sudah 17 tim Liga Inggris memainkan formasi tiga bek tengah pada musim ini. Mereka terinspirasi keberhasilan Chelsea yang menduduki puncak klasemen berkatnya.

Wenger biasanya mengandalkan empat pemain belakang. Pada beberapa tahun belakangan sosok asal Prancis tersebut menggunakan 4-2-3-1, dengan 4-4-2 diterapkan di akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Sebelum musim ini, menurut ESPN, terakhir kali Wenger menurunkan tiga bek terjadi pada laga melawan Derby County, Mei 1997. Arsenal cuma bermain 13 menit dengan sistem ini karena Tony Adams terkena kartu merah pada awal pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Arsene Wenger

Video Terkini