Sukses

Puncaki Klasemen MotoGP 2017, Rossi Terkejut

Rossi kini unggul lima poin atas Vinales di klasemen pembalap MotoGP.

Liputan6.com, Austin - Pengalaman dan konsistensi Valentino Rossi membuahkan hasil positif. Usai balapan MotoGP Austin 2017, Senin (24/4/2017) dinihari WIB, rider Movistar Yamaha itu mengambil alih puncak klasemen pembalap.

Sekali lagi, Rossi mengandalkan faktor usia sebagai keuntungan saat beraksi di lintasan MotoGP. Setelah tiga seri bergulir, The Doctor menjadi satu-satunya pembalap yang rutin merebut podium, yakni pada MotoGP Qatar, Argentina, dan Austin.

MotoGP Argentina dan Austin dimaksimalkan Rossi dengan finis sebagai runner-up. Sementara pada MotoGP Qatar ia finis di urutan ketiga. Namun, hal tersebut sudah cukup bagi Rossi untuk memimpin klasemen pembalap di seri ketiga.

"Ini adalah kejutan besar, terutama bagi kami karena setelah tes pramusim kami sangat putus asa. Tapi kami melakukan pilihan tepat. Masalah bagi saya dan tim adalah kami butuh waktu lebih banyak untuk memahami motor ini, cara mengendarai dan cara mengelolanya," kata Rossi, dikutip Crash.

Rossi sendiri harus berjuang keras untuk mengamankan posisi kedua MotoGP Austin 2017. Terlebih, ia sempat mendapat perlawanan sengit dari pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Saat berusaha menyalip di tikungan ketiga lap ketujuh, Zarco pun menyenggol motor Rossi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Waspada

Agar tak terjatuh, pembalap berusia 38 tahun itu harus memotong lintasan pada tikungan keempat. Hal tersebut yang membuat Rossi diganjar penalti 0,3 detik.

Meski begitu, Rossi juga diuntungkan dengan nasib buruk yang menimpa rekan setimnya, Maverick Vinales. Pembalap berusia 22 tahun itu harus menyudahi aksinya setelah terjatuh pada tikungan ke-18 lap kedua.

Aksi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada balapan MotoGP Austin 2017. (Crash)

"Motor ini memiliki sesuatu yang positif, terutama di akhir balapan. Saya bisa memacu dan menjadi kuat. Tahun lalu saya justru sebaliknya. Ini hanya tiga balapan dan pastinya akan sangat sulit berada di posisi ini, terutama dengan Vinales dan (Marc) Marquez yang selalu sangat cepat," tegas Rossi.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap MotoGP

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0
24. TBC (TBC): 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini