Sukses

Tikungan Pertama COTA, Sumber Masalah Rossi di MotoGP Austin

Rossi memulai balapan MotoGP dari barisan terdepan untuk pertama kali pada musim ini.

Liputan6.com, Austin - Valentino Rossi berharap menghindari masalah pada tikungan pertama MotoGP Austin 2017 di Circuit of the Americas (COTA), Senin (24/4/2017) dinihari WIB.

Rossi menilai hal tersebut akan memainkan peran penting terhadap keberhasilannya pada seri ketiga musim MotoGP musim ini.

"Start akan sulit, terutama di tikungan pertama. Ada enam skenario tidak bisa ditebak yang berpotensi terjadi," ungkap Rossi, dilansir Crash.

Tikungan pertama COTA terbilang unik karena menanjak. Karena itu, Rossi bersyukur memulai balapan di baris terdepan. Dengan begitu, sosok berusia 38 tahun tersebut hanya perlu memikirkan rombongan pembalap di belakang.

"Jika memulai tidak di baris pertama, saya perlu fokus ke depan dan belakang. Keadaan akan membingungkan. Maka hasil kualifikasi kemarin sangat ideal bagi saya," ungkap Rossi.

Penunggang Yamaha itu mencatat waktu 2 menit 3,673 detik pada kualifikasi dan menjadi pembalap tercepat ketiga. Dia berada 0,932 detik di belakang pemegang pole position Marc Marquez.

Inilah catatan terbaik Rossi pada MotoGP musim ini. Pada GP Qatar, dia berada di urutan ke-10 atau baris keempat. Selanjutnya di GP Argentina, Rossi menempati peringkat ke-7 atau baris ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimis Naik Podium

Meski berada di belakang, Rossi sukses naik podium pada dua balapan tersebut. Catatan ini menumbuhkan keyakinannya untuk menjadi juara di Austin.

"Saya merasa inilah kualifikasi sesungguhnya, mengingat hujan mengguyur Qatar dan Argentina. Saya optimistis dengan motor dan percaya bisa mencapai kecepatan maksimal. Saya siap bersaing dengan Marquez dan (Maverick) Vinales!" tandas Rossi.

"Sebisa mungkin saya mencoba menempel keduanya. Tapi, saya juga perlu menengok ke belakang karena (Dani) Pedrosa dan (Johann) Zarco tampil cepat. Persaingan naik podium bakal sengit."

Pembalap Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, selalu naik podium pada dua seri MotoGP 2017. (AP Photo/Nicolas Aguilera)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini