Persib Dapat Kabar Baik soal Essien dan Cole

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 20 Apr 2017, 06:12 WIB

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan menghadapi PS TNI di laga kedua lanjutan Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/4/2017). Jelang pertandingan, dua bintang asing Persib Michael Essien dan Carlton Cole dikabarkan tak bisa diturunkan karena terganjal masalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Namun, manajer Persib Umuh Muchtar optimistis dua mega bintang itu, bisa bermain saat melawan PS TNI. Meskipun keduanya terganjal masalah KITAS.

"Optimislah, tetap main harus main, karena dia bukan orang buron, bukan teroris yang dicari," kata Umuh, Rabu (19/4/2017).

Menurut Umuh, pihaknya sudah mengurus segala perizinan kedua mantan pemain Chelsea tersebut, sejak kedatangannya ke Indonesia. Bahkan sebelum pertandingan melawan Arema FC kemarin, manajemen Persib telah melayangkan surat kepada PSSI untuk meminta izin bertanding.

"Ketika kita akan melakukan pertandingan membuat surat dan meminta izin PSSI, dari PT Liga memberikan kesempatan. Karena tahu bahwa Essien dan Cole bukan orang DPO (daftar pencarian orang) bukan orang bermasalah," kata dia.

Adapun surat Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) yang diminta pihak Imigrasi agar KITAS mereka segera turun, manajer Persib ini, berpendapat bahwa Kementerian Ketenagakerjaan selaku pihak yang mengeluarkan IMTA, juga menunggu rekomendasi dari BOPI.

1 of 2

Pertanyakan BOPI

Penyerang Persib, Carlton Cole berusaha membawa bola dari kawalan pemain Arema FC pada laga perdana Liga 1 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (15/4). Persib bermain imbang atas Arema FC dengan skor 0-0. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pada bagian lain Umuh mempertanyakan keputusan BOPI yang dinilainya menjegal langkah Persib dengan mempermasalahkan kelengkapan dokumen dua pemain tersebut. Sebab, menurutnya, penggunaan pemain asing bukan hanya ada di tubuh tim berjuluk Maung Bandung semata, tetapi di klub lainnya.

Kini pihak Persib pun tengah menunggu surat rekomendasi dari BOPI yang telah dilayangkan sebelumnya, guna mendapatkan surat IMTA dari Kemenaker untuk diajukan sebagai kelengkapan pengurusan KITAS.

Ia berharap, pihak BOPI bertindak kooperatif dengan menerbitkan surat rekomendasi agar pengurusan KITAS yang dipermasalahkan bisa segera diselesaikan oleh manajemen Persib.

Lanjutkan Membaca ↓