Sukses

5 Momen Terbaik Terry bersama Chelsea

Terry bergabung dengan akademi Chelsea pada 1995.

Liputan6.com, London - John Terry memastikan meninggalkan Chelsea akhir musim ini. Kedua pihak sepakat mengakhiri kebersamaan sejak Terry masuk akademi Chelsea pada 1995.

Bersama Chelsea, Terry memenangkan berbagai titel. Mulai Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Capaian itu membuat Terry disebut sebagai salah satu bek tengah paling hebat Liga Inggris. Frank Lampard dan Jamie Carragher bahkan menunjuknya sebagai pemain terbaik di posisi tersebut.

"Saya berharap Terry bertahan di Liga Inggris. Dia masih memiliki kemampuan untuk membantu siapapun yang nanti meminangnya," tegas Carragher, dilansir Sky Sports.

Di mana nanti Terry berlabuh? Sembari menunggu jawaban, ada baiknya publik mengenang lima momen indah sosok berusia 36 tahun itu bersama Chelsea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gelar Liga Pertama

Mulai menjadi bagian tim utama Chelsea pada 2000/2001, Terry menggantikan Marcel Desailly sebagai kapten tim musim 2004/2005. Adalah Jose Mourinho yang memberinya jabatan tersebut.

Diawali pada 2004/2005, John Terry sudah menjuarai Liga Inggris empat kali bersama Chelsea. (Reuters/Carl Recine)

Keputusan ini berbuah manis. Terry membantu The Blues menjuarai liga untuk kali pertama dalam 50 tahun.

Kerja sama dengan RIccardo Carvalho juga berujung rekor. Chelsea memiliki catatan pertahanan terbaik, clean sheet terbanyak, dan poin tertinggi sepanjang sejarah.

3 dari 6 halaman

Pemain Terbaik

John Terry merupakan bek kelima yang memenangkan pemain terbaik PFA. (AFP/Glyn Kirk)

Kontribusi Terry membuat koleganya mengapresiasi. Dia mendapat suara terbanyak untuk penganugerahan pemain terbaik dari anggota Asosiasi Pemain Profesional (PFA).

Sebuah apresiasi tinggi mengingat jarang bek memenangkannya. Sebelumnya, hanya empat pemain belakang yang membawa pulang penghargaan PFA. Pendahulunya mencakup Paul McGrath, Gary Pallister, Colin Todd, dan Norman Hunter.

Tidak hanya solid di pertahanan, Terry juga menyumbang delapan gol di seluruh kompetisi. "Gelar PFA melengkapi musim spesial bersama Chelsea," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Titel Kelima Piala FA

Terry mencapai gelar kelima Piala FA untuk masuk buku sejarah. Dia menjadi pemain Chelsea dengan titel Piala FA terbanyak.

Di antara seluruh pemain, hanya Charles Wollaston (Wanderers) dan Jimmy Forrest (Blackburn Rovers) yang mampu memberi trofi berjumlah itu untuk satu klub.

John Terry merupakan pemain dengan gelar Piala FA terbanyak bersama Chelsea. (AFP/Ian Kington)

Terry melakukannya ketika membantu Chelsea mengalahkan Liverpool 2-1 di Wembley, Mei 2012. "Saya kira kemenangan ini memberi kami momentum untuk menjuarai Liga Champions," tutur Terry.

5 dari 6 halaman

Juara Eropa

Harapan Terry seusai kemenangan atas Liverpool terwujud. Setelah terpeleset pada adu penalti, yang berujung kekalahan dari Manchester United, pada final 2008, Terry akhirnya mengangkat Si Telinga Besar.

Kenyataanya, Terry tidak bermain melawan Bayern Muenchen pada final. Namun, ketika diwawancarai Sky Sports, Desember 2015, dia menyebut pertandingan tersebut sebagai salah satu momen terbaik dalam kariernya.

John Terry membawa Chelsea menjuarai Piala FA dan Liga Champions 2012. (AFP/Carl Court)

Sebab, walau tidak beraksi, dia tetap memainkan peran krusial membantu The Blues lolos ke final.

6 dari 6 halaman

Kembali Berkuasa di Inggris

Terry mulai kehilangan tempat di tim utama Chelsea pada 2012/2013. Menurut Rafael Benitez, pelatih ketika itu, dia tidak lagi siap bermain dua kali dalam sepekan.

Betapa Terry menunjukkan blunder dalam penilaian Benitez. Seiring kembalinya Mourinho ke Stamford Bridge, dia membantu Chelsea menduduki takhta Inggris 2014/2015.

Inilah gelar liga pertama Chelsea dalam lima tahun. Terry juga masuk tim idaman PFA setelah terakhir kali melakukannya pada 2005/2006.

John Terry memenangkan Liga Inggris 2014/2015. (AFP/Adrian Dennis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.
    John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.

    John Terry

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini