Sukses

Intip Rekor Fantastis Marc Marquez di MotoGP Austin

Marc Marquez 4 kali memenangi MotoGP Austin.

Liputan6.com, Austin - Sejak Circuit of the Americas (COTA) masuk jadwal di Kejuaraan Dunia Grand Prix MotoGP pada 2013, Marc Marquez tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengklaim kemenangan di Amerika Serikat. Label sebagai penguasa lintasan 5,5 km itu sempat melekat pada diri The Baby Alien.

Ini bukan sekadar isapan jempol belaka. Faktanya, dalam empat musim tampil dia selalu merebut pole position di COTA sekaligus menyelesaikan balapan dengan berada di podium pertama.

Melihat rekornya di COTA bukan tidak mungkin kalau Marquez disebut sebagai favorit yang bakal memenangkan balapan. Ini akan menjadi kemenangan perdana musim ini jika pembalap Honda tersebut mampu berdiri di podium teratas MotoGP Austin.

Tapi, yang perlu diingat adalah Marquez sedikit mendapatkan ancaman dari pembalap lain, terutama duo Yamaha yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Karena dalam dua seri pembuka ia gagal naik podium sehingga menempatkannya di urutan kesembilan dengan raihan 13 poin.

Marquez terpaut 37 poin dari Vinales selaku pemuncak klasemen sementara MotoGP. Sementara itu, dia selisih 23 angka dari Rossi yang mengekor di urutan kedua.

Berikut fakta tentang Marc Marquez di MotoGP Austin:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Marquez di MotoGP Austin

1. Marc Marquez adalah salah satu pembalap tersukses meraih pole position di Austin selama empat musim berturut-turut.

2. Empat kemenangan beruntun yang dicetak Marquez di Austin bermula ketika dia berhasil meraih pole position.

3. Kemenangan Marquez di Austin telah menempatkan namanya dalam daftar sejarah pembalap termuda di kejuaraan grand prix (20 tahun dan 63 hari). Data tersebut itu menggusur catatan Freddie Spencer (20 tahun 196 hari) di kelas 500cc sewaktu mengaspal di Spa-Francorchamps, Belgia, pada tahun 1982.

4. Marc Marquez tercatat sebagai pembalap pertama yang mampu memenangkan tiga balapan di Amerika serikat dalam satu musim di Austin, Laguna Seca, dan Indianapolis pada 2013.

5. Secara keseluruhan, Marc Marquez telah mengoleksi 10 kemenangan di tiga sirkuit berbeda di Amerika Serikat (Austin, Laguna Seca, dan Indianapolis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.